Pola Makan Tepat, Mama Sehat, Janin Kuat

By Ipoel , Selasa, 14 Mei 2013 | 01:00 WIB
Pola Makan Tepat, Mama Sehat, Janin Kuat (Ipoel )

Menu harian Mama hamil harus mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah seimbang. Tentu jumlah seimbang ini berbeda dari sebelum hamil karena kini ada janin di rahim Mama yang sedang tumbuh dan berkembang, sehingga Mama hamil perlu tambahan gizi.

Meski begitu, bukan berarti Mama hamil harus makan dua kali lebih banyak dari sebelum hamil, karena tambahannya juga sebenarnya enggak banyak-banyak amat, kok. Berdasarkan AKG 2004 untuk orang Indonesia, kebutuhan gizi sebelum hamil adalah 1.900 kalori, sedangkan saat hamil bertambah 180 kalori pada trimester pertama serta 300 kalori pada trimester kedua dan ketiga.

Kebutuhan tersebut dapat terpenuhi apabila Mama hamil mengonsumsi makanan secara beragam dan bervariasi. Pastinya, dalam menu harian Mama hamil harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Untuk karbohidrat, bisa diperoleh dari nasi, kentang, roti, mi, dan sebagainya. Untuk protein, ada protein hewani, yaitu telur, daging, ikan, susu; serta protein nabati dari tahu, tempe, dan lainnya. Untuk lemak, bisa diperoleh dari minyak goreng, margarin, mentega, santan, daging, telur, dan sebagainya. Sedangkan sumber serat, vitamin, dan mineral berasal dari sayur dan buah.

Makanlah secara teratur setiap hari dengan jadwal tiga kali makanan utama (sarapan, makan siang, makan malam) dan dua kali makanan camilan (camilan pertama di antara sarapan dan makan siang, camilan kedua di antara makan siang dan makan malam). Sebelum tidur, sebaiknya minumlah segelas susu, baik susu biasa maupun susu khusus kehamilan, tak masalah.