Bepergian Aman dan Nyaman Kala Hamil

By Ipoel , Selasa, 14 Juli 2015 | 22:00 WIB
Bepergian Aman dan Nyaman Kala Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Boleh kok, Mama melakukan perjalanan saat sedang hamil, namun sebaiknya memang melakukan persiapan. Satu hal yang patut dicermati agar bepergian nyaman dan aman kala hamil, sebaiknya perjalanan dilakukan pada  usia kehamilan minggu ke 14 – 28. Alasannya, pada minggu tersebut  kondisi Mama sudah fit dan siap melakukan perjalanan. Selain juga tubuh Mama sudah mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan metabolisme tubuh karena kehamilan, seperti morning sickness, pusing, mual, muntah, dan lain-lain.  Hindari melakukan perjalanan di trimester ketiga karena umumnya terlalu berisiko dan  rawan terjadi komplikasi.

Hal lain yang patut mendapat perhatian Mama adalah melakukan konsultasi  dengan dokter sebelum perjalanan dilakukan. Tanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan Mama dan janin dan berbagai kemungkinan yang  bakal terjadi sepanjang perjalanan  yang akan dilakukan dan di tempat tujuan.  Perlu pula mengonsultasikan tempat tujuan Mama pada dokter.  Ada beberapa wilayah yang mewajibkan pendatang yang mengunjungi wilayahnya melakukan vaksinasi terlebih dahulu, khawatir tertulari penyakit yang sudah mewabah di wilayah tersebut. Bila perlu cari tahu terlebih dahulu tentang berbagai hal sehubungan dengan tempat tujuan perjalanan Mama. Alangkah baiknya, bila menghindari daerah tujuan yang membutuhkan vaksinasi karena vaksinasi yang dilakukan dapat memengaruhi kondisi janin.  

Berikut ada beberapa hal yang dapat menjadi panduan agar perjalanan kala hamil aman dan nyaman:

1. Rancang perjalanan

Dengan pertimbangan kondisi Mama, upayakan perjalanan yang akan dilakukan sudah dirancang dengan baik. Susunlah perencanaan mulai dari tanggal keberangkatan, alat transportasi yang akan digunakan, serta  daerah tujuan perjalanan dan aktivitas yang akan dilakukan. Disarankan menghindari bepergian ala backpacker  karena dikhawatirkan akan menimbulkan kelelahan yang dapat menganggu kesehatan Mama.

2. Cermati barang bawaan

Penting mencermati barang bawaan Mama karena perlengkapan wanita hamil tidak selalu dapat ditemui di toko-toko umum.  Siapkan 2 buah tas. Satu tas untuk menyimpan berbagai keperluan di tempat tujuan. Sedangkan satu tas lagi sebagai tas tangan untuk membawa keperluan dalam perjalanan. Sediakan dalam satu tas tersendiri air putih secukupnya, camilan sehat yang dapat mengenyangkan namun tetap bergizi, buah-buahan secukupnya. Perlengkapan obat-obatan yang aman dan sudah dikonsultasikan dengan dokter kandungan. Tisu kering dan tisu basah. Minyak aroma terapi atau minyak kayu putih untuk mengurangi gejala  mual di perjalanan. Pelembab untuk menjaga kelembaban kulit, karena kulit Mama yang sedang hamil mudah terganggu kelembabannya. Jangan lupa untuk menyiapkan sarung tangan, kaos kaki, syal, pashmina yang dapat dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh di perjalanan.

3. Tempat istirahat

Bila bepergian dengan kendaraan pribadi, rancang tempat-tempat pemberhentian yang nyaman dan bersih.