4 Gangguan Saat Hamil

By Ipoel , Selasa, 31 Desember 2013 | 00:00 WIB
4 Gangguan Saat Hamil (Ipoel )

TabloidNakita.com - Ada berbagai gangguan kala hamil yang dapat dialami mama, berikut di antaranya: 1. Gangguan Mual muntah

Ini adalah gangguan hamil paling populer. Ada cerita lucu terkait mual muntah yang dialami ibu hamil. Seorang dokter kandungan yang sedang hamil muntah saat sedang memeriksa pasiennya. Anda tentu geli membaca pengalaman ini, meskipun kalau mengalami sendiri tentu tidak menyenangkan. Gangguan mual muntah adalah pengalaman "wajib" bagi ibu hamil. Ini terjadi antara lain karena meningkatnya hormon estrogen dan hCG dalam serum darah ibu. Biasanya dimulai pada kehamilan usia 5-7 minggu dan berakhir setelah 12-14 minggu, meski ada juga yang terus berlanjut.

Tip:

2. Gangguan Sering Buang angin

Seorang ibu hamil berkelakar bahwa angin yang tersimpan dalam perutnya bisa digunakan untuk mendorong mobil hingga berjalan. Padahal sebenarnya wajar kok ibu hamil punya gangguan ini. Ini terjadi karena hormon progesteron yang tinggi selama kehamilan, memperlambat mobilitas dalam perut sehingga menyebabkan lebih banyak gas yang terbentuk dan membuat ibu hamil jadi sering kentut. Kalau Anda merasa risih dengan gangguan hamil ini, berikut yang bisa dilakukan.

Tip:

3. Gangguan Beser

Seorang ibu hamil bercanda dengan temannya di kantor. Saking gelinya ia sampai ngompol. Gangguan ini kerap dialami ibu hamil. Perubahan hormonal memang menyebabkan produksi urine naik 25% pada ibu hamil. Selain itu, rahim yang semakin besar mengikuti ukuran janin akan menekan kandung kemih dan membuat ibu hamil beser, akibatnya gangguan hamil berupa beser pun kerap terjadi. 

Tip:

4. Gangguan Berupa Daya ingat menurun

Pernah ditulis di nakita, gangguan hamil ini membuat seorang ibu sampai lupa meninggalkan anaknya di kantor saat hamil. Daya ingat yang menurun selama kehamilan lebih disebabkan banyaknya hal yang harus dipikirkan/dilakukan ibu hamil dalam waktu yang bersamaan. Tak heran karena terlalu banyak yang dipikirkan, maka banyak hal yang justru jadi terlupa.

Tip:

Selamat menikmati kehamilan, sekaligus terbebas dari berbagai gangguan hamil.