Mudah dan Murah, Ini Bahan Alami untuk Mengatasi Mual Muntah Kala Hamil

By Ipoel , Rabu, 16 Agustus 2017 | 00:40 WIB
Makanan untuk mengatasi mual muntah saat hamil yang mudah dan murah (Santi Hartono)

Nakita.id - Ibu hamil mual muntah? Hal ini adalah yang biasa terjadi. Tetapi kondisi ini tetap saja mengganggu Ibu hamil apalagi sangat rentan terjadi di sepanjang kehamilan pada trimester pertama. Miriam Ercik, seorang ahli gizi di Brigham and Woman's Hospital Boston mengungkapkan penyebab terjadinya mual muntah saat hamil. Menurutnya, perubahan hormon adalah penyebab yang paling mungkin terjadi. Kini, Ibu bisa mengatasi mual muntah dengan cara alami!

Baca juga: Agar Tetap Berselera Makan Meski Mual Muntah Saat Hamil Muda

1.Jahe

Tanaman yang mudah kita temui dan menjadi bumbu dapur ini ternyata dapat mengatasi mual munta kala hamil. Di dalam jahe terkandung flavoida, polifenol, dan minyak asiri. Rimpang jahe bermanfaat untuk menghangatkan badan, memperlancar mengeluarkan keringat (diaforetik), menambah nafsu makan (stomatik), serta mengurangi rasa mual.

Untuk mengolahnya, Ibu bisa memarut atau menghancurkan jahe. Setelah itu seduh jahe dengan air panas kemudian saring agar sari-sari jahe bisa terpisah dari ampasnya. Saat akan diminum, Ibu bisa menambahkan sedikit gula jawa atau madu.

Baca juga: Pilihan Makan untuk Ibu Hamil Muda yang Mual Muntah 

2.Serai

Serai mengandung geraniol, citronnelal, eugenol-metil eter, kadinol, dipenten, eugenol, limonen dan sitral. Dari kandungan serai, Ibu bisa menggunakannya sebagai bahan alami untuk mengurangi mual muntah saat hamil. Untuk mengolahnya, Ibu bisa menyeduh sebatang serai yang telah dimemarkan dengan secangkir teh manis panas. 

3.Daun jeruk dan daun panda

Tanaman ini masuk ke dalam tanama aromatik yang ternyata bermanfaat bagi Ibu hamil. Untuk mengonsumsinya, Ibu hanya perlu menyeduh daun jeruk atau daun pandan. Ibu bisa memilih salah satu atau keduanya, berdasarkan selera masing-masing. Jangan lupa tambahkan gula atau gula jawa serta madu jika ingin diminum. Hal ini akan menambah kenikmatan agar mual muntah bisa hilang. 

Baca juga: Pijat Jari untuk Mengurangi Mual-Muntah 

4.Buah jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C yang tinggi serta sumber asam folat yang potensial. Sebutir jeruk dapat memenuhi 20% kebutuhan folat sehari-hari. Seperti diketahui asam folat sangat penting bagi Ibu hamil untuk mengurangi risiko kecacatan pada janin. Bila Ibu hamil tidak mempunyai gangguan lambung atau mag, rasa buah jeruk yang manis segar juga bisa membantu mengatasi mual muntah.