Perkembangan Otak, Jantung, dan Paru-paru Janin di Dalam Rahim

By Ipoel , Rabu, 23 Agustus 2017 | 22:15 WIB
Perkembangan otak janin (Saeful Imam)

Nakita.id - Proses kehamilan selama 9 bulan adalah penciptaan sempurna dari Yang Maha Sempurna.

Seandainya perkembangan janin itu bisa terlihat secara transparan, pastilah tak cukup kata untuk mengungkapkan betapa luar biasanya.

Organ-organ yang nantinya berperan vital dalam tubuh manusia sedikit demi sedikit mulai terbentuk hingga akhirnya berfungsi sempurna.

Di minggu ke-3 setelah persitiwa konsepsi (pembuahan), embrio mulai berkembang.

Cikal bakal organ utama janin mulai terbentuk, antara lain sistem pembuluh darah dan sistem saraf, jantung, mata, termasuk materi genetik seperti tingkat inteligensi, bentuk mata, dan warna rambut. Begitu pula anggota-anggota tubuh, yaitu tangan dan kaki.

Padahal secara fisik belum tampak perubahan yang berarti pada ibu, kecuali haid yang tidak muncul.

Coba bayangkan, apa jadinya kalau selama proses penting ini ibu yang belum mengetahui dirinya hamil tetap melakukan aktivitas yang bisa saja mengganggu kehamilannya.

Karenanya, perlu disimak bagaimana proses perkembangan organ vital pada janin sebagai pengetahuan untuk ibu dan juga ayah, bahwa di dalam rahim sedang berlangsung proses dahsyat, yakni terbentuknya individu baru.

Perkembangan Otak Janin 

Memasuki kehamilan minggu ke-5 bagian kepala embrio terlihat lebih besar, ini menunjukkan otak mulai terbentuk, tumbuh, dan berkembang pesat.

Terdapat tiga bagian utama otak, yakni otak bagian depan, belakang, dan tengah.

Di minggu ke-6 konsepsi, di dalam otak mulai tumbuh serebelum yang berperan mengatur gerakan otot tubuh.