Aneka Masalah Kulit Saat Hamil

By Ipoel , Senin, 9 November 2015 | 23:00 WIB
Aneka Masalah Kulit Saat Hamil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Hampir 90% tanda regangan ini ditemui di daerah perut ibu hamil. Tanda ini terjadi akibat perut yang membesar dan menyebabkan jaringan kolagen kulit menjadi lebih merekah/melebar. Berikut aneka masalah kulit saat hamil:

• Strecthmarks (tanda kerutan kulit).

Hampir 90% tanda regangan ini ditemui di daerah perut ibu hamil. Tanda ini terjadi akibat perut yang membesar dan menyebabkan jaringan kolagen kulit menjadi lebih merekah/melebar. Tidak ada tindakan spesifik untuk mengatasinya. Ibu hamil umumnya hanya disarankan untuk menggunakan losion atau krim yang mengandung vitamin E yang bersifat antioksidan atau alpha hidroksi acids. Meski sebenarnya tak ada bukti bahwa tindakan itu dapat berhasil menghilangkan tanda regangan tersebut 100%.

• Garis hitam memanjang di perut (linea nigra).

Pada perut ibu yang awalnya mulus akan tampak garis lurus tipis. "Garis" yang letaknya di tengah perut ini dan memanjang dari ujung tulang kemaluan tepat diatas kandung kemih, melewati pusar hingga tepat di bawah tulang dada ini umumnya sudah mulai tampak di awal-awal kehamilan (di bulan ke-4 atau ke-5).  Di trimester kedua, garis ini akan tampak lebih gelap dan nyata. Namun setelah kehamilan selesai akan menghilang secara perlahan dan bertahap. Ini dikarenakan peningkatan hormon melanin semasa kehamilan.

• Kulit kehitaman.

Terutama di daerah puting susu (areola mamae), serta di bagian kemaluan terutama pada bibir vagina luar. Perubahan warna yang sebenarnya tidak terlalu drastis ini juga hanya masalah hormonal dan akan segera menghilang setelah ibu melahirkan. Namun pada beberapa kasus ada yang menetap dan sayangnya tidak bisa dilakukan upaya apa pun untuk mengatasinya.

• Wajah kemerahan (pinkies).

Sebenarnya ini bukan masalah karena wajah ibu hamil akan tampak lebih cerah dan segar. Kedua pipi yang tampak berwarna merah muda menggemaskan ini dikarenakan adanya arus darah yang meningkat semasa hamil. Saat ibu berbadan dua, jaringan kolagen kulit juga menjadi merekah/lebih terbuka.  Semua itu membuat kulit di wajah tampak merah muda. Biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah ibu melahirkan.