Ini Rahasia Tidur Nyenyak yang Ibu Hamil Belum Tahu

By Ipoel , Senin, 31 Juli 2017 | 09:00 WIB
Tip agar ibu hamil tidur nyenyak (Saeful Imam)

Nakita.id - Kehamilan kadang membuat ibu sulit memejamkan mata. Perubahan fisik ketika hamil dan meningkatkatnya hormon kehamilan menjadi biang keladi. Nah, bila mengalami hal tersebut, ibu tak perlu panik. Coba saja atasi dengan cara-cara berikut ini: 

1. Tak perlu menjadikan sulit tidur ini sebagai masalah besar.

Kalau rasa kantuk datang, tidurlah sebisanya di mana saja, kapan saja, supaya kebutuhan tidur selama 8 jam dapat terpenuhi.

Sebaliknya, kalau memang tidak mengantuk, tak usah memaksakan diri untuk tidur. Relaks saja. Isi waktu tidur dengan kegiatan pengganti yang menghibur atau bermanfaat.    

2. Jalani kehamilan dengan tenang dan senang. Hal ini akan mendatangkan kebahagiaan.

Ingat, menjadi bahagia adalah pilihan, bukan pemberian. Ibu sendiri yang dapat memilih dirinya  menjadi tenang, senang, dan bahagia meskipun sebetulnya ada rasa tak nyaman pada bagian perut, atau ada perasaan khawatir menghadapi berbagai kemungkinan persalinan.

Mungkin juga ibu dihadapkan  pada kenyataan bahwa kehamilannya  mengalami gangguan.

Namun, semua ini bisa dilawan dengan memilih menjalani kehamilan dengan pasrah hingga mendatangkan rasa bahagia. 

3. Pilih posisi tidur yang paling nyaman.

Kala kehamilan memasuki minggu ke-28 dan seterusnya, posisi tidur paling nyaman adalah miring ke kiri atau ke kanan. Namun posisi miring ke kiri  dianggap lebih baik karena dengan begitu pembuluh darah besar yang terdapat  pada bagian kanan tubuh tidak tertekan oleh rahim dan tidak mengganggu aliran darah berikut proses oksigenisasi jaringan dari ibu ke janin. 

Namun, berbaring miring ke kanan pun tak jadi masalah.

4. Gunakan bantal tinggi di bagian kepala agar ibu lebih mudah bernapas.