Manfaat Vaksinasi Influenza Untuk Ibu Hamil

By Ipoel , Minggu, 24 Juni 2012 | 22:00 WIB
Vaksinasi Influenza (Ipoel )

Nakita.id - Sebuah penelitian yang dilakukan di Bangladesh merekomendasikan ibu hamil untuk mendapatkan manfaat vaksinasi influenza.

Pemimpin penelitian, Dr Mark C. Steinhoff dari John Hopkins University’s Bloomberg School of Public Health, Baltimore menunjukkan infeksi influenza pada ibu hamil dapat menimbulkan komplikasi yang membawa risiko gangguan kesehatan untuk ibu dan janin bahkan risiko kematian janin.

Para ahli di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Amerika Serikat (U.S. Centers for Disease Control and Prevention) pun merekomendasikan vaksinasi flu pada ibu hamil karena ternyata dapat memberikan tambahan kekebalan kepada bayi yang baru lahir.

Bayi yang lahir dari ibu yang sudah mendapat vaksin flu memiliki risiko 63% lebih rendah mengalami influenza dibandingkan bayi yang lahir dari ibu yang tidak divaksinasi.

Begitu pula dengan risiko penyakit infeksi pernapasan.

Lalu, bagaimana dengan vitamin C dosis tinggi?

Apakah dapat mengusir virus flu dari tubuh?

Vitamin C dosis tinggi hanya berfungsi sebagai penahan laju serangan virus flu berikutnya, sehingga efek flu tidak meluas.

Pada dasarnya, influenza adalah self limiting disease (SLD) yang akan sembuh dengan sendirinya, kecuali bila ada komplikasi lain yang menyertai.

Karena bersifat SLD, usaha untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan beristirahat dan  makan makanan bergizi cukup dapat menghambat infeksi influenza.

Vaksinasi flu akhirnya lebih sebagai pilihan. Dengan daya tahan tubuh yang baik, diharapkan tidak timbul gejala flu yang mengganggu.

Kalaupun sudah timbul gejala, penyakit flu bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan.