Bayi Sulit Tidur? Ini Cara Agar Ia Terlelap

By Ipoel , Senin, 25 Mei 2015 | 02:40 WIB
Bayi Sulit Tidur? Ini Cara Agar Ia Terlelap (Ipoel )

TabloidNakita.com - Ada bayi yang sulit tidur atau tidurnya tidak terpola dengan baik, kadang tidur sore hari atau bahkan saat larut malam tiba, matanya belum terpejam jua. Nah, supaya punya pola tidur yang teratur, alangkah baiknya bila mama mengikuti langkah-langkah berikut ini: 1. 15 menit sebelum tidur, orangtua harus sudah meletakkan bayi di tempat tidur. Untuk awalnya kenali bagaimana ciri-ciri bayi sudah mengantuk antara lain: 

Ketika bayi memperlihatkan beberapa ciri-ciri tersebut di atas, segera letakkan di kasur. Lalu, dampingi rasa kantuk bayi dengan senandung tidur yang Anda nyanyikan dengan perlahan.

2. Atur suasana tidur yang nyaman

Rancanglah suasana kamar bayi dengan dekorasi yang menenangkan dan nyaman. Hindari menyemprotkan pewangi ruangan secara berlebihan, atau jangan gunakan sama sekali. Atur penerangan lampu dalam kondisi temaram agar bayi cepat mengantuk.

3. Tinggalkan bayi dalam kamarnya

Bayi yang baru belajar untuk tidur di kasur mereka sendiri akan mengalami proses adaptasi yang menyebabkan mereka cepat terbangun dan menangis. Maka dari itu, usahakan untuk memasang portable baby monitor di kamar bayi, yakni alat yang membantu ibu memonitor bayi yang berada di luar ruangan. Dengan demikian, Anda bisa beraktivitas mengerjakan pekerjaan rumah tangga, sembari mengawasi si kecil lewat baby monitor di dekat Anda.4. Jangan Terburu Untuk Menggendong 

Saat meletakkan bayi, umumnya mereka pasti akan menangis. Tunggulah selama 10 menit, jangan terburu-buru untuk menggendongnya kembali. Tenangkan bayi tanpa perlu mengangkatnya. Bisa dengan mengusap-usap kepalanya sembari bernyanyi "Nina Bobo",atau mengayunkan tempat tidurnya secara perlahan. Sebab, seusai menangis, bayi secara alamiah akan tertidur, ada atau tanpa kehadiran ibu di dekatnya. 

Dengan berbagai cara di atas, diharapkan bayi dapat tidur dengan lelap dan tidak sulit tidur lagi.   Sumber: Kompas Female