Bayi Laki-laki Lebih Cepat Mandiri

By Ipoel , Senin, 6 Juli 2015 | 05:00 WIB
Bayi Laki-laki Lebih Cepat Mandiri (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Ada beberapa faktor yang mendukung kemandirian bayi, yang berasal dari faktor internal. Faktor Internal, merupakan semua pengaruh yang bersumber dari dalam diri anak itu sendiri, seperti keadaan keturunan dan konstitusi tubuhnya sejak lahir dengan segala perlengkapan yang melekat padanya. Pada kenyataannya ada anak yang berpembawaan mandiri, ada yang memang suka dan menikmati jika dibantu orang lain. Berikut faktor internal yang mendukung kemandirian bayi: 

(1) Faktor Peran Jenis Kelamin, dalam perkembangan kemandirian anak laki-laki biasanya lebih aktif dari pada anak perempuan. Artinya, bayi laki-laki lebih cepat mandiri.

(2) Faktor Kecerdasan atau Intelegensi, dimana anak yang memiliki intelegensi yang tinggi umumnya akan lebih cepat menangkap sesuatu yang membutuhkan kemampuan berfikir. Intelegensi disini berhubungan dengan tingkat kemandirian anak, semakin tinggi intelegensi seseorang anak maka semakin tinggi pula tingkat kemandiriannya

 (3) Faktor Perkembangan. Kemandirian akan banyak memberikan dampak yang positif bagi perkembangan anak. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengajarkan kemandirian sedini mungkin sesuai dengan kemampuan anak. Umumnya Kondisi fisik anak. Anak yang kurang cerdas atau memiliki penyakit bawaan, bisa saja diperlakukan lebih “istimewa” ketimbang saudara-saudaranya sehingga malah menjadikan anak tidak mandiri.

 Meski faktor internal berperan, jangan lupakan faktor eksternal yang lebih kuat mempengaruhi kemandirian bayi.