Agar Kulit Bayi Sehat, Beri Ia Pakaian Lembut

By Ipoel , Jumat, 12 Februari 2016 | 18:00 WIB
Agar Kulit Bayi Sehat, Beri Ia Pakaian Lembut (Ipoel )

TabloidNakita.com - Menurut dr. Lis Surachmiati Suseno, Sp.KK., dari RS Mitra Internasional, Jatinegara, Jakarta Selatan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk merawat kulit bayi. Berikut cara agar kulit bayi sehat

1. Agar kulit bayi sehat : Mandikan bayi Secara Teratur

Mandi secara teratur dua kali sehari, pagi dan sore, merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk membersihkan tubuh bayi dari kotoran atau kuman yang mungkin menempel di kulitnya. Mandi teratur bisa mencegah datangnya biang keringat yang menjadi keluhan umum yang sering ditemukan. Biasanya, biang keringat timbul di daerah dahi, leher, dan bagian tubuh yang tertutup pakaian. Gejala utama munculnya biang keringat adalah gatal-gatal. Namun karena bayi belum bisa mengungkapkan umumnya dia hanya menangis atau tidak bisa diam. Bila diamati, kulit berwarna kemerahan dan ruam kecil-kecil. Untuk itu, setiap kali mandi, kita harus membersihkan tubuh bayi sampai rata hingga ke lipatan-lipatan kulit.

Selain cara memandikan yang perlu diperhatikan, kita pun perlu memperhatikan suhu air terutama pada bayi baru lahir. “Sebaiknya suhunya tidak terlalu panas atau dingin,” jelas Lis. Nah, bila menggunakan sabun, pilihlah sabun khusus bayi yang umumnya aman dan tidak menimbulkan iritasi. Sangat baik bila bilasan dilakukan dua kali untuk membersihkan bahan kimianya. Bila terjadi iritasi terhadap merek tertentu sebaiknya beralih ke alternatif lain, jangan biarkan berlarut-larut. Tak hanya itu, pembersihan kulit harus sampai ke lipatan kulit seperti selangkangan, sela jari jemari, atau ketiak. Setelah mandi, gunakan handuk yang lembut dan tidak kasar agar nyaman di kulit bayi. 

2. Agar kulit bayi sehat : Pakai Bedak dan Minyak Telon tepat

Kebiasaan membedaki atau membalurkan minyak telon pada tubuh bayi setelah mandi, menurut Lis, perlu dilanjutkan. Soalnya hal ini terbukti akan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi. Khusus minyak telon, selain mengurangi kemungkinan kulit teriritasi juga untuk menghindari bayi dari gigitan serangga. Soalnya, bau yang dikeluarkan oleh minyak telon umumnya tidak disukai oleh serangga di samping juga menjaga kelembaban kulit bayi.

3. Agar kulit bayi sehat :  Pakaian Bayi yang Lembut

Sebaiknya, pilihkan pakaian bayi yang lembut dan tipis seperti pakaian yang berbahan katun. Dengan pakaian yang lembut, selain mengurangi resiko teriritasi juga akan membuat bayi lebih nyaman dan tidak mudah rewel. Berbeda bila bayi mengenakan pakaian dari nilon yang umumnya panas dan gerah dikarenakan sirkulasi udara ke dalam tubuh bayi kurang lancar.  Hal ini akan mengundang kuman atau bakteri sehingga muncul ruam pada. Ketidaknyamanan ini akan membuat bayi berusaha menggaruk sehingga kemungkinan terinfeksi pun bisa jadi lebih besar.