Pentingnya Membersihkan Mulut Bayi

By Ipoel , Minggu, 15 November 2015 | 21:00 WIB
Pentingnya Membersihkan Mulut Bayi (Ipoel )

Tabloidnakita.com - Merawat dan membersihkan mulut bayi baik bagi kesehatan mulut dan gigi bayi. Walau yang dikonsumsinya hanya ASI, itu tidak berarti giginya akan terhindar dari gigi berlubang dan mulut bayi jauh dari masalah jika tidak dibersihkan setiap hari.

Membersihkan dan merawat mulut bayi, seberapa penting sih? Jelas penting. Sebab, seperti anak-anak pada umumnya, makanan bayi sekalipun ASI, apalagi susu formula, mengandung gula. Nah, jika sisa-sisa makanan bayi itu tidak dibersihkan, lama-kelamaan akan semakin menumpuk di lidah. Jadi, membersihkan mulut bayi sangat bermanfaat untuk kesehatan giginya.

Baca : Heboh foto janin yang menderita karena ibunya merokok

Jika hal itu terus berlanjut, kondisi itu akan membuat lidah bayi bermasalah, timbul rasa sakit, sariawan, dan bayi bisa mengalami gangguan pengecapan. Juga gigi bayi yang baru beberapa buah akan rentan mengalami karies.

Oleh karena itu, setiap kali bayi diganti popoknya, di saat itu pula aktivitas membersihkan mulut bayi dimulai. Jadi kalau si kecil kita kenakan popok sekali pakai yang wajib diganti setiap empat jam sekali, maka dalam kurun waktu 12 jam, mulut bayi setidaknya tiga kali kita bersihkan.

Baca : Begini cara agar anak cepat berjalan

Tapi jika si kecil minumnya susu formula, setiap habis minum susu mau tidak mau orangtua harus membersihkan mulut bayi. Sebab susu formula mengandung sukrosa yang jika berlama-lama di dalam mulut akan dimetabolisme oleh bakteri menjadi asam. Asam inilah yang akan membuat gigi berlubang.

Baca : Apakah bayi cukup minum ASI? Kenali tandanya di sini

DAMPAK MALAS MEMBERSIHKAN MULUT BAYI

        Efek yang dapat terjadi jika orangtua malas membersihkan mulut bayi:

Gigi yang sehat itu adalah putih seperti mutiara. Tapi jika sudah terkena demineralisasi asam akan berubah menjadi seperti kapur. Setelah itu akan berubah menjadi kecokelatan. Jika membersihkan mulut bayi masih diabaikan, baru muncul lubang setitik jarum. Nah, jika tetap dibiarkan, maka lapisan email akan rusak dan selanjutnya lubang membesar.