Kecukupan Minum Tentukan Kesehatan Bayi

By Ipoel , Rabu, 6 Mei 2015 | 10:00 WIB
Kecukupan Minum Tentukan Kesehatan Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Kecukupan minum tentukan kesehatan bayi. Di usia 0-6 bulan, bayi hanya mengonsumsi ASI. Berikan ASi sesuai kebutuhan bayi. Selepas 6 bulan, anak sudah diperkenalkan dengan air mineral. Pastikan kecukupan minumnya cukup.   Jika minum cukup, selain mencegah dan mengatasi dehidrasi, demam, sariawan, juga menjaga produksi saliva bayi tetap baik alias normal. Kecukupan minum tentukan kesehatan bayi, ini faktanya:

1. Melicinkan dan membasahi rongga mulut, sehingga membantu proses mengunyah dan  menelan makanan.

2. Membasahi dan melembutkan makanan, sehingga menjadi bahan setengah cair ataupun cair. Dengan begitu makanan mudah ditelan dan dirasakan oleh lidah sebagai indra pengecap.

3. Membersihkan rongga mulut dari sisa-sisa makanan—kuman. Jadi saliva berfungsi mengeluarkan bakteri merugikan dalam mulut.

4.  Antibacterial dan sistem buffer.

5. Membantu proses pencernaan makanan melalui aktivitas enzim ptyalin (amilase ludah) dan lipase ludah.

6. Berpartisipasi dalam proses pembekuan dan penyembuhan luka. Hal itu bisa terjadi karena dalam saliva terdapat faktor pembekuan darah, dan epidermal growth factor.

7. Jumlah sekresi saliva bisa dipakai sebagai indikator kecukupan cairan pada bayi.

8. Membantu dalam berbicara. Karena saliva berfungsi sebagai pelumasan pada pipi dan lidah. Dengan begitu memudahkan otot-oto bicara di mulut bekerja.

Pastikan kebutuhan cairan si  kecil tercukupi. Sebab, kecukupan minum tentukan kesehatan bayi