Mengatasi Selesma Pada Bayi

By Ipoel , Selasa, 19 Mei 2015 | 22:09 WIB
Mengatasi Selesma Pada Bayi (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Musim hujan, gangguan commond cold atau populer disebut dengan selesma merebak. Selesma pada bayi memiliki gejala seperti pilek, yaitu hidung meler, keluar ingus encer. Awalnya ingus berbentuk encer dan berwarna jernih, lalu menjadi lebih kental, dan berwarna kuning kehijauan. Tapi ingat, ingus hijau bukan tanda infeksi bakteri.

Selain pilek, selesma pada bayi dapat disertai gejala lain; demam rendah, suhu badan berkisar 38 C, bersin-bersin, batuk, enggak mau menyusu, bayi rewel, tidur terganggu.

Bila bayi sampai terkena common cold, ada beberapa hal yang dapat orangtua lakukan. Berikut cara mengatasi selesma pada bayi:

* Mengatasi Selesma Pada Bayi

1. Untuk mengatasi selesma pada bayi di bawah 6 bulan, karena masih ASI, orangtua bisa sedikit lega. Pasalnya, ASI mengandung antibodi (imunoglobulin), juga memiliki kandungan zat penyembuh alamiah yang ampuh. Jadi, teruslah memberikan ASI tanpa putus. Dengan begitu bayi akan cepat sembuh tanpa obat-obatan sekalipun.

2. Pada bayi di atas 6 bulan, karena asupan imunoglobulin dari ASI sudah semakin sedikit, malah ada yang sudah putus, maka berikanlah banyak cairan seperti air putih atau kuah sayuran yang banyak, merupakan cara mengatasi selesma pada bayi yang tepat, agar bayi tidak mengalami dehidrasi. Jika cairan dalam tubuhnya baik dan terpenuhi, maka mukosa dalam mulutnya akan lembap, sehingga daya tahan tubuhnya akan naik.

3. Jika hidungnya mampat sekali, boleh berikan tetes hidung NaCl. Tetes hidung ini di pasaran merek dan harganya bervariasi, namun isinya itu-itu juga.

4. Mengatasi selesma pada bayi, kurangi penggunaan AC/pendingin suhu ruang, karena membuat saluran napas jadi kering, sehingga daya tahan tubuh pun turun. 

5. Penggunaan inhalasi boleh dilakukan untuk mengatasi selesma pada bayi, tapi pada bayi di bawah 6 bulan harus dalam pengawasan dokter, apalagi jika inhalasi mengandung obat-obatan steroid. Kecuali yang digunakan hanya NaCl.

6. Dijemur di bawah sinar matahari pukul 07.00—08.00 selama kurang lebih 30 menit. Hangatnya sinar matahari membuat sekresi mencair sehingga jadi lebih nyaman. Ini merupakan cara mengatasi selesma pada bayi