Jika Bayi Lahir dengan Gigi Susu

By Ipoel , Senin, 8 Juni 2015 | 00:45 WIB
Jika Bayi Lahir dengan Gigi Susu (Ipoel )

TabloidNakita.com - Ada kasus, saat lahir bayi sudah mempunya gigi. Kasus bayi lahir dengan gigi susu peluangnya sedikit. Di antara setiap 2.000 bayi diperkirakan ada 1 bayi yang telah mempunyai gigi sewaktu dilahirkan atau mengalami tumbuh gigi di usia sebelum 4-6 bulan. Kasus bayi lahir dengan gigi susu  ini merupakan salah satu bentuk kelainan pertumbuhan dan perkembangan gigi, biasanya 1 gigi di bagian depan atas atau bawah. Kelainan ini tak perlu kelewat dikhawatirkan karena tak membahayakan dan gigi tadi akan tanggal dengan sendirinya.

Normalnya, gigi mulai tumbuh di rentang usia 6-8 bulan. Biasanya dimulai dari gigi seri tengah bawah, kemudian gigi seri tengah atas, gigi seri samping bawah, dan gigi seri samping atas. Ketika berusia 1 tahun, bayi rata-rata memiliki 4-6 gigi susu. Sementara gigi lainnya, yakni gigi taring dan gigi geraham akan muncul di rentang usia 14-24 bulan. Tidak heran bayi lahir dengan gigi susu jarang ditemukan.

Biasanya saat tumbuh gigi, bayi agak demam selama 1-3 hari dan rewel, disertai penurunan nafsu makan akibat rasa tak enak di rongga mulutnya.  Jika bayi rewel, obat penurun panas boleh diberikan. Semua keluhan tadi biasanya segera berakhir begitu gigi muncul.

Jadi, jangan kelewat cemas ya saat bayi lahir dengan gigi susu