Fase Pertumbuhan Gigi Bayi

By Saeful Imam, Minggu, 19 Maret 2017 | 02:02 WIB
Fase Pertumbuhan Gigi Bayi (Ipoel )

Nakita.id - Sama halnya dengan kemampuan berbicara dan berjalan, fase pertumbuhan gigi bayi memiliki tonggak tersendiri. Dimulai saat bayi berada dalam kandungan, yaitu sekitar usia kehamilan 4 minggu. Setelah bayi lahir, gigi susu atau gigi primer ini mulai muncul pada saat si kecil berusia sekitar 6—7 bulan.

Meski begitu, erupsi atau kemunculan gigi pertama ini berbeda-beda pada setiap bayi. Adakalanya baru tumbuh setelah bayi berusia satu tahun, tetapi ada juga yang bahkan pada bulan-bulan pertama kelahirannya, gigi ini sudah muncul, istilahnya gigi neonatal. Jadi, orangtua sebenarnya tak perlu panik bila saat lahir si kecil sudah ada giginya atau kok giginya tak kunjung muncul meski si kecil sudah berusia 6 bulan.

Perlu diketahui, laju pertumbuhan gigi bayi bervariasi. Salah satunya dipengaruhi oleh asupan kalsium sang ibu kala hamil. Meski begitu, bukan berarti ibu hamil yang asupan kalsiumnya tinggi akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi yang lebih cepat. Ini karena daya serap kalsium pada setiap janin berlainan.

Yang jelas, erupsi gigi bisa distimulasi atau dirangsang agar relatif lebih cepat terjadi, di antaranya dengan memberikan biskuit kepada bayi sehingga bayi belajar menggigit. Bisa juga menggunakan mainan gigitan yang aman. Dengan begitu, gusi akan tertekan, sehingga mempercepat proses keluarnya gigi. Selain itu, berikan makanan bergizi seimbang sesuai dengan tahapan usia serta perkembangan atau kemampuannya.

Umumnya, gigi susu pertama yang muncul berjumlah 1—2 gigi. Namun, letak kemunculannya tidak tentu, bisa di bagian depan atas atau bawah rahangnya dengan letak di tengah-tengah. Selanjutnya, gigi akan tumbuh di bagian kiri dan kanan gigi pertamanya. Kemudian, gigi geraham akan tumbuh ketika si kecil berusia 1—2 tahunan.

Biasanya, mayoritas gigi susu telah muncul saat si kecil masuk usia batita akhir atau sekitar 3 tahunan. Kelak, pada saat si kecil menginjak usia sekolah, gigi-geligi susu ini akan tanggal satu per satu, untuk kemudian digantikan dengan gigi tetap. Gigi tetap ini berjumlah 20, masing-masing 10 gigi di bagian atas dan bawah.

Ini Fase Pertumbuhan Gigi Bayi 

Normalnya, fase pertumbuhan gigi bayi adalah anak akan mengalami tumbuh gigi pertama atau istilahnya erupsi gigi di usia 6 bulan. Beberapa faktor yang memengaruhinya antara lain, gizi yang didapat dari ibu selama hamilnya, juga faktor turunan. Untuk pertumbuhan gigi yang optimal, si kecil harus mendapat asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium, fosfat, dan vitamin D. Sumber-sumber zat-zat gizi itu antara lain, susu, sinar matahari, ikan, daging, dan telur.

Berikut gambaran fase pertumbuhan gigi bayi dan anak, seperti yang dijelaskan drg. Ayu Kurniasih, SpKGA, dari Ritz Klinik Gigi dan Estetika:

Fase Pertumbuhan Gigi Bayi  Bagian Bawah

Usia 6—10 bulan gigi seri pertama (tengah).

Usia 10—16 bulan gigi seri kedua.