5 Kiat Mendidik Anak

By Ipoel , Rabu, 25 Maret 2015 | 22:00 WIB
5 Kiat Mendidik Anak (Ipoel )

TabloidNakita.com - Tidak ada sekolah buat orangtua, sehingga orangtua harus belajar agar dapat mendidik anak dengan baik. Berikut 5 kiat mendidik anak.1. Mendidik Anak Agar Bertanggung Jawab Orangtua perlu mendidik anak agar belajar bertanggungjawab terhadap perbuatannya. Misalnya: Setelah main, adik harus merapikan dan mengembalikan mainan ke tempat anak. Pendampingan saat bermain juga diperlukan, sehingga orangtua juga bisa mengamati dan membantu saat anak mengalami kesulitan.

2. Mendidik Belajar itu membutuhkan proses.  Pemikiran bahwa proses belajar memerlukan waktu dan tenaga juga perlu dipahami orangtua. Artinya, anak tidak instan saat mempelajari sesuatu.

3. Mendidik, belajar dari kesalahan Cobalah maklumi jika anak melakukan kesalahan. Dengan kesalahan mereka belajar untuk mengenal hal yang benar.

4. Mendidik dengan suportif terhadap cara belajar anak   Supportif terhadap cara belajar anak. Anak diajarkan hal-hal yang benar/tepat. Jika perlu, anak didorong untuk belajar dan tidak takut untuk salah/tidak apa-apa jika salah. Juga sebaiknya orangtua bersabar jika anak melakukan kesalahan, tidak serta merta memarahinya.

5. Mendidik dengan menciptakan suasana belajar menyenangkan  Trik menciptakan suasana belajar anak yang menyenangkan. Gunakan permainan yang disukai anak untuk mengajarkan sesuatu. Misalnya; anak suka sekali mencoret-coret dengan krayon. Gunakan coretan-coretan untuk mempelajari tentang bentuk/warna tertentu. “Coba kamu tiru coretan berbentuk bulat ini,” atau “Coba kamu buat coretan dengan menggunakan crayon warna ungu.”

Sandra Handayani Sutanto, M.Psi, dari Universitas Multi Media Nusantara, Gading Serpong Tangerang