Kenalkan Etiket, Bukan Gadget

By Ipoel , Senin, 2 Desember 2013 | 04:00 WIB
Kenalkan Etiket, Bukan Gadget (Ipoel )

TabloidNakita.com - Banyak orangtua yang bangga anaknya bisa bergadget ria, entah memainkan smartphone, tablet, ipad, dan lainnya. Padahal, sampai usia 3 tahun anak sebaiknya tidak dikenalkan dengan gadget. Menurut seorang psikiater anak di Amerika, sebetulnya penggunaan gadget bagi anak ada aturannya. Bahwa anak sampai usia 3 tahun tidak boleh diperkenalkan teknologi apa pun. Karena usia ini merupakan masa keemasan anak. Ia harus menyerap apapun dari sekelilingnya untuk modalnya kelak di masa depan.

Hal yang harus diperkenalkan pada usia prasekolah ini sebetulnya bukanlah gadget tetapi budi pekerti yang merupakan fondasi dasar bagi pembentukan karakter anak. Untuk itu, di usia ini yang diperlukan anak adalah kasih sayang dan attachment yang tinggi dari orangtuanya. Bagaimana dan seperti apa perlakuan orangtua pada anaknya di usia ini akan menentukan seperti apa si anak dewasanya kelak.

Sering kali yang terjadi dewasa ini adalah orangtua yang serba repot dengan berbagai urusannya. Apalagi kadangkala tidak ada pengasuh atau pembantu rumah tangga yang membantunya. Sehingga  untuk mengatasi kerepotannya dan anak bisa tenang disediakanlah fasilitas gadget, antara lain seperti televisi,  playstation, ipad, dan lain-lainnya. Anak bisa menonton film atau main games yang membuatnya menjadi tenang. Ketika orangtua memberikan anak gadget maka inilah awalnya anak menjadi akrab dengan gadget dibanding berinteraksi ‘manusia’. Sehingga akhirnya anak diasuh dengan ‘gadget.’

Bagaimana pendapat pakar tentang gadget ini, berikut link videonya

http://www.youtube.com/watch?v=SEfmnbIL6lI