Tip Memilih TK Tepat

By Ipoel , Kamis, 18 Juli 2013 | 05:00 WIB
Tip Memilih TK Tepat (Ipoel )

Orangtua kadang bingung memilihkan TK yang tepat untuk si buah hati. Banyak TK menawarkan kelebihan ini-itu, seperti apa ya pilihan yang tepat? Simak tip-tip berikut:

* Kualitas SDM        

Meskipun tidak harus berpendidikan sarjana, guru TK harus memiliki kemampuan memancing anak untuk aktif berkreasi dan dapat merangsang rasa ingin tahu anak. Selain kualitas dan kompetensinya, jumlah guru di kelas pun harus diperhatikan. Dalam satu kelas, paling tidak ada dua orang guru, yaitu guru utama dan asisten guru yang akan membantu anak selama berkegiatan di kelas.

* Sarana Dan Prasarana

Faktor fisik sekolah ikut mendukung proses belajar dan mengajar di sana. Faktor itu antara lain kondisi kelas dan halaman sekolah yang cukup lapang. Dengan demikian, siswa tidak perlu belajar secara berdesakan dengan teman/siswa lainnya. Pun anak dapat bebas bergerak secara leluasa di luar kelas. Selain itu, perhatikan juga bagaimana sarana toilet, alat peraga/permainan, ruang tunggu, area parkir, dan kebersihannya.

* Lakukan Survei

Orangtua sebaiknya melakukan survei ke beberapa sekolah yang menjadi pilihan. Anda juga dapat mempertimbangkan rekomendasi dari saudara, kerabat, atau teman mengenai sekolah-sekolah tertentu. Sesuaikan minat dan kemampuan anak dengan program yang ditawarkan sekolah tersebut. 

Temui pihak sekolah, staf atau guru di sana. Galilah informasi selengkap-lengkapnya. Manfaatkan acara open house yang diselenggarakan beberapa calon sekolah pilihan. Dengan begitu, Anda dan si kecil dapat mengenal lebih dekat seperti apa program di sana. Biasanya, di acara open house pihak sekolah memamerkan karya-karya para muridnya beserta daftar prestasi yang pernah diraih sekolah itu. Jika jam pelajaran tengah berlangsung, lihat juga bagaimana interaksi murid dan guru, apakah  tampak nyaman, apakah murid-muridnya tampak riang atau malah suntuk?       

* Pilih Lokasi/Jarak

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah kedekatan lokasi sekolah dengan rumah. Si prasekolah bisa kecapekan kalau sekolahnya terlalu jauh. Idealnya, waktu tempuh dari rumah ke sekolah dengan berjalan kaki sekitar 10 menit atau berkendara kira-kira 15 menit.

* Waktu Belajar

Pilihlah waktu belajar yang tidak begitu panjang karena rentang konsentrasi anak masih terbatas. Sekolah yang lebih menekankan banyak kegiatan fisik/bermain ketimbang belajar di dalam kelas umumnya juga lebih cocok bagi anak 3-5 tahun mengingat mereka cenderung aktif melakukan berbagai eskplorasi motorik.