6 Kegiatan Rutinitas Anak Sehari-hari Dan Cara Memberikan Stimulasinya

By Ipoel , Senin, 11 Februari 2013 | 06:00 WIB
Begini cara menstimulasi perilaku mandiri pada anak. (pexels.com/Naomi Shi)

Nakita.id - Berikut beberapa hal yang penting dikuasai anak berkaitan dengan rutinitas sehari-harinya dan cara menstimulasinya:

1. Menalikan sepatu

Perkenalkan dengan sepatu tanpa tali terlebih dahulu berikut kaus kakinya. Contohkan cara mengenakan dan melepaskannya.

Setelah itu, minta anak melakukannya sendiri. Kita dapat mengatakan, “Coba pakai sepatunya sendiri.”

Setelah itu, “Lihat Ayah... satu, dua, tiga. Masuk kakinya ke sepatu.” Ingat, jika anak telah mampu melakukannya sendiri, berikan dia reward berupa pelukan, ciuman, dan pujian.

2. BAK /BAB

Pertama yang diajarkan adalah berbicara saat hendak BAB/BAK. Memang agak sulit untuk menyampaikan hal tersebut, sebab kita tidak bisa mengonkretkannya pada anak.

Namun, itu dapat disiasati lewat pembiasaan.

Misal, setiap kali anak buang air kecil atau mengompol, yang umumnya diketahui dari gelagatnya seperti saat tidur anak gelisah, penisnya terlihat membesar, atau saat terjaga anak serta-merta menggerakkan badannya sebentar tanpa rencana.

Baca Juga: Cara Memberikan Stimulasi yang Tepat untuk Perkembangan Anak Usia Prasekolah, Segera Terapkan kalau Moms Ingin Anak Tumbuh Kembang secara Optimal

Saat itu, kita dapat membawa anak ke toilet untuk pipis. Lalu secara bertahap, ajari anak BAB/BAK sendiri, mulai membuka atau memelorotkan celana hingga duduk di kloset.

Bila lubang kloset terlalu besar, beri tambahan dudukan kloset yang banyak dijual di pasaran.