Syarat Anak Bisa Masuk TK

By Ipoel , Sabtu, 15 Juli 2017 | 08:15 WIB
Tip Meningkatkan Keterampilan Sosial Pada Anak Pemalu (Avrizella Quenda)

Nakita - Setelah playgroup, anak memasuki jenjang masa taman kanak-kanak.

Asal tahu saja, jenjang ini ternyata memiliki syarat khusus agar anak bisa mengikuti proses belajar mengajar dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah. 

Apa saja syarat anak bisa masuk TK?

Anak yang duduk di bangku TK harus memiliki kesiapan mental khusus, dimana dia harus siap “terjun” di luar lingkungan rumahnya. Antara lain:

Di usia berapa sebenarnya anak baru dinyatakan layak duduk di bangku TK?

Idealnya, anak masuk TK saat usianya tepat 4 tahun. Mengapa? Sebab secara umum, di usia tersebut diperkirakan anak sudah siap menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar, baik dari segi fisik maupun mental.

Apa jadinya jika anak belum siap tapi sudah kita masukkan ke TK?

Jika anak belum siap tetapi tetap dipaksakan untuk masuk TK, efek psikologisnya adalah anak akan merasa aktivitas belajar atau sekolah merupakan hal yang tidak menyenangkan.

Selain itu, karena merasa terpaksa atau belum mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dan memenuhi tanggung jawab yang diberikan di sekolah, maka proses pembelajaran tidak akan efektif/tidak tercapai.

Jika ini terus dibiarkan, akan ada dampak di kemudian hari.

Anak jadi malas sekolah, mogok sekolah saat di SD, atau bahkan jadi tukang bolos saat di SMP atau SMA.  

Bukan cuma itu. Kondisi tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri anak, karena anak kemungkinan akan banyak mengalami kegagalan, yang selanjutnya akan menurunkan minat dan motivasinya dalam belajar.