Agar Si Kecil Mau Tampil

By Ipoel , Jumat, 31 Juli 2015 | 08:16 WIB
Agar Si Kecil Mau Tampil (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Duh si kecil enggak mau tampil, mana mau pentas lagi di sekolah. Nih ada cara agar si kecil atau anak mau tampil?

1. Dorong anak untuk bergabung dengan klub atau aktivitas yang menarik minatnya. Seperti musik, ilmu pengetahuan, atau bidang apa saja yang diminati. Cara ini dapat menciptakan kesempatan-kesempatan agar terbentuk hubungan yang familiar dan nyaman dengan kelompok-kelompok yang lebih besar. Anak pun belajar bergaul dan berinteraksi di dalamnya.

2. Ketahui kesukaan dan potensi anak. Doronglah anak untuk berani melakukan hal tertentu melalui hobi dan potensi diri. Bila anak suka menyanyi, kembangkanlah hobinya itu. Bila perlu, ikutkan anak kursus atau latihan vokal agar kemampuannya semakin bertambah. Kemampuan dan keterampilan yang dimiliki dapat mendongkrak kepercayaan diri, sekaligus mengatasi sifat pemalunya.

3. Mengajak anak berkunjung ke rumah teman atau sanak saudara. Buatlah jadwal berkunjung ke rumah teman, tetangga, kerabat dan bermainlah di sana. Kunjungan sebaiknya dilakukan pada lokasi yang berbeda. Bisa juga dengan mengajak anak-anak tetangga atau teman-teman sekolahnya untuk bermain di rumah.

4. Berikan penjelasan pada si prasekolah acara yang akan diikuti dan siapa saja yang akan melihat. Jangan lupa untuk menyampaikan perkiraan suasana panggungnya. Apa yang harus dilakukan anak dan lain-lain.

5. Agar anak lebih siap, ciptakanlah aktivitas bermain peran di rumah, seolah-olah pertunjukan di panggung dipindahkan ke rumah. Minta si prasekolah tampil mengisi acaranya, sedangkan anggota keluarga yang ada menjadi penontonnya. Ajak penonton untuk memberikan tepuk tangan ketika si prasekolah selesai tampil. Lakukan berulang-ulang hingga menjelang hari pertunjukan.

6.  Pada hari “H”, datanglah lebih awal agar si prasekolah dapat mengetahui suasana yang akan dihadapi nanti. Jelaskan posisi penonton dan berbagai kebiasaan yang mungkin akan dilakukan penonton, dari tepuk tangan sampai teriakan.

Untuk menambah keberanian si prasekolah, tak ada salahnya tawarkan penghargaan berupa hadiah sebelum hari H. Hadiah ini dapat menjadi penyemangat buat anak. Penghargaan ini juga dapat diberikan seusai anak tampil di panggung Penghargaan ini dapat berupa pelukan, ciuman hangat, atau berwujud hadiah barang.

Anak sudah siap tampil Mama?