Kapan Harus Melakukan Seks Agar Cepat Hamil?

By Gisela Niken, Senin, 5 September 2016 | 04:35 WIB
Kapan Harus Melakukan Seks Agar Cepat Hamil? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan kehamilan adalah waktu dalam melakukan seks. Kira-kira kapan ya harus melakukan seks yang dapat menjadi cara agar cepat hamil? Mama perlu memahami bahwa sperma dapat hidup selama 3 hingga 5 hari sementara sel telur hanya hidup selama 12 hingga 24 jam. Melihat perbedaan ini, waktu yang tepat untuk melakukan seks adalah 1 hingga 2 hari sebelum ovulasi serta hari saat Mama mengalami ovulasi.Baca juga: Berhubungan seks dua kali sehari, bisakah hamil?

Waktu ovulasi memang tidak mudah untuk dilihat maupun ditentukan. Hal ini tergantung dengan bagaimana panjang siklus menstruasi yang Mama alami. Biasanya wanita berovulasi sekitar 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Jadi bagi Mama yang tidak memiliki siklus menstruasi secara teratur sangat membutuhkan alat untuk mengetahui masa subur.Baca juga: Penilitian: Ini waktu berhubungan seks sesuai usia

Selain dengan menggunakan alat, Mama bisa juga memahami tanda-tanda ovulasi yang umum terjadi. Biasanya terjadi peningkatan cairan vagina biasanya seperti putih telur. Mama yang mengalami peningkatkan suhu tubuh basal. Namun jika ingin mendapatkan waktu yang lebih akurat, alat penguji masa subur perlu Mama gunakan. Bagaimana dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur? Kapan dapat melakukan seks agar cepat hamil?

Tak hanya menggunakan alat, mama juga bisa mencatat siklus menstruasi selama beberapa bulan. Dari situ Mama bisa mengambil rata-rata dari siklus terpanjang dan terpendek. Mama yang menstruasinya tidak teratur juga sebaiknya memeriksakan diri ke dokter. Ada banyak faktor yang menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur, salah satunya masalah hormon yang dapat juga berpengaruh pada ketidak suburan.Baca juga: Waktu yang tepat berhubungan seks setelah melahirkan

Setelah memahami waktu berhubungan seks yang tepat sebagai cara agar cepat hamil, Mama juga perlu memerhitungkan intensitas melakukan seks. Cobalah untuk berhubungan seks 2 sampai 3 kali seminggu secara konsisten. Usahakan di masa tersebut Mama dan Papa dalam kondisi tubuh yang tidak lelah dan menjaga kesehatan agar kualitas sperma dan sel telur dalam kondisi prima.(Niken/Baby Center)