5 Tanda Batita Terlambat Berkembang

By Gisela Niken, Senin, 5 September 2016 | 05:30 WIB
5 Tanda Batita Terlambat Berkembang (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kira-kira apa ya tandanya jika anak mengalami masalah pertumbuhan? Ada beberapa tanda anak terlambat berkembang yang perlu Mama pahami. Tanda ini secara jelas dimunculkan oleh si kecil sehingga Mama harus peka dan memahami tanda keterlambatan ini. Berikut 5 tanda yang bisa Mama pahami sebagai tanda anak terlambat berkembang.Baca juga: Lakukan ini jika anak terlambat bicara

1.Belum bisa berjalan di usia 1,5 tahunSaat menginjak usia 1 tahun anak akan terus merangkak, merayap hingga mulai belajar berdiri. Jika pada usia 1,5 tahun tak ada tanda ia berusaha untuk berjalan, artinya ada masalah perkembangan yang perlu Mama waspadai. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak terlambat berjalan. Salah satunya adalah kurangnya dorongan atau kesempatan untuk berjalan. Mama hanya perlu memberikan waktu dan membantunya agar bisa berjalan.

2.Kesulitan memegang bendaMemegang benda menjadi salah satu keterampilan fisik dan mental yang mencerminkan bagaimana sarafnya bekerja. Jika ia masih belum sempurna memegang sebuah onjek artinya ia masih belum matang dalam perkembangan otot, penglihatan dan motoriknya. Salah satu faktir yang menyebabkan kurangnya kemampuan ini adalah mereka tidak terbiasa melakukan hal tersebut.Baca juga: Ini tanda bayi terlambat berkembang

3.Mengalami kesulitan saat makanJika si kecil kerap menolak makanan dan memiliki reflek memuntahkan makanan, bisa jadi ada masalah dalam tumbuh kembangnya. Menolak makanan bisa saja disebabkan oleh masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan. Namun, jika terjadi terus menerus ada gangguan pada ototnya. Si kecil belum mampu mengontrol otot-otot yang dapat menjadi tanda gangguan sistem saraf.

4.Kaku saat bergerakSaat melihat si kecil kok terlihat sangat kaku? Biasanya hal ini disebbakan oleh hypertonia di mana adanya kontak otot yang bermasalah. Kaku saat bergerak bisa ditandai dengan kesulitan anak bergerak dari satu posisi ke posisi lain. Hal ini biasanya disebabkan adanya kelainan otak sehingga terlambat mengirimkan sinyal.Baca juga: Kemampuan batita terlambat, benarkah?

5. Hanya menggunakan salah satu sisi tubuhnya sajaKok si kecil hanya mau memegang benda hanya sisi kanan atau kiri saja? Bisa jadi ini adalah tanda anak terlambat berkembang. Penyebab yang paling mungkin terjadi adalah kelainan tubuh yang membuat tidak mampu menggunakan dua sisi atau biasa disebut dengan hemiplegia. Kelainan ini merupakan salah satu gangguan di mana satu sisi tubuh saa yang dominan. Biasanya hal ini banyak terjadi saat usia 1 tahun dan seharusnya semakin berkurang hingga anak berusia 2 tahun.(Niken/Baby Center)