4 Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik

By Dini, Kamis, 1 September 2016 | 00:55 WIB
4 Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mama Papa tentunya ingin si kecil terlihat gemuk dan sehat. Anak yang kurus karena kesulitan menambah berat badan, tentu menimbulkan kecemasan tersendiri. Mama jadi khawatir apakah selama ini memberikan pola makan yang salah.

Ada beberapa penyebab anak sulit menambah berat badan meski Mama sudah berusaha memberikan asupan yang cukup. Penyebab ini perlu kita cermati sehingga usaha kita memberikan nutrisi terbaik tidak sia-sia.

* Sakit yang tak tertangani/tak terdeteksiContoh, TB kronis, jantung bawaan, cacingan, gangguan metabolik bawaan, dan sebagainya. Penyakit-penyakit ini dapat mengganggu proses metabolisme (terjadi hipermetabolisme), sehingga BB anak tak bertambah. Segera tangani penyakitnya sambil melakukan perbaikan nutrisi. Terapi pengobatan dan nutrisi perlu dilakukan secara efektif dengan berkonsultasi ke ahli.

* Anak pilih-pilih makanan (picky eater)Anak mulai masuk usia otonomi di usia batita. Artinya, ia mulai menunjukkan apa yang mau lakukan dan tidak dilakukannya. Salah satunya adalah menolak ketika diminta makan. Kalaupun mau makan, ia akan pilih-pilih: “Ya” untuk lauk dari resto cepat saji, tetapi “tidak” untuk sayuran dan buah. Padahal, konsumsi makanan cepat saji yang berlebihan cenderung membuat gemuk karena rata-rata menunya mengandung tinggi lemak.

Anak-anak yang makanannya tidak variatif, walaupun gemuk, kemungkinan besar mengalami kekurangan gizi, misalnya kekurangan zat gizi yang hanya terkandung pada sumber pangan tumbuh-tumbuhan. Kebiasaan mengemil yang tidak tepat juga bisa membuat anak jadi kenyang sebelum waktu makan utamanya tiba. Padahal prinsip gizi seimbang biasanya dikonsentrasikan pada makanan utama (pagi, siang, sore/malam) untuk meningkatkan status gizi anak.

* Turun drastis karena diarePerkembangan BB anak yang awalnya baik, bisa turun drastis saat menderita penyakit, seperti diare. Di usia 1—2 tahun apa pun yang dipegang anak akan masuk ke mulutnya. Inilah yang meningkatkan risiko masuknya kuman diare ke pencernaan anak-anak batita.

* Suasana rumah/meja makan kurang menyenangkanSuasana riang di meja makan akan membuat anak makan dengan senang. Meski si kecil sedang susah makan, jangan pernah memaksanya. Tetaplah tersenyum saat ia menunjukkan penolakan. Bujuk ia tanpa perlu terlihat mendesaknya. Menu-menu yang bervariasi biasanya akan menarik hati anak, sehingga ia mau mencobanya.

Itu beberapa penyebab berat badan susah naik. Kenali penyebabnya ini ya, Mam, agar tahu bagaimana harus mengatasinya.

4 Penyebab Berat Badan Anak Susah Naik
Narasumber: Pritasari, SKM, MSc., Ahli gizi dari Politeknik Kesehatan III, Jakarta

(Irfan Hasuki)