Mengalami Menstruasi Setelah Tes Kehamilan Positif, Kok Bisa?

By Gisela Niken, Jumat, 2 September 2016 | 03:50 WIB
Mengalami Menstruasi Setelah Tes Kehamilan Positif, Kok Bisa? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kondisi kehamilan kimia mungkin dialami oleh beberapa wanita. Kehamilan ini biasanya digambarkan sebagai keguguran dini artinya setelah Mama mendapatkan tes kehamilan positif tetapi justru mengalami menstruasi. Apa yang menjadi penyebab kehamilan kimia ini?Baca juga: Seberapa besar peluang kehamilan setelah keguguran

Secara umum ada kehamilan kimia merupakan kondisi di mana keguguran terjadi sangat awal. Biasanya terjadi sebelum minggu ke-5. Penyebabnya karena telur yang dibuahi gagal untuk menempel ke dinding rahim. Keguguran yang sangat dini ini bahkan tidak memiliki gejala tertentu atau khusus. Gambaran umum yang jadi tanda kehamilan kimia antara lain pendarahan, tes kehamilan yang positif serta mengalami kram perut.Baca juga: Cermati tanda-tanda keguguran

Kehamilan kimia juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hromon. Kadar hormon yang rendah menyebabkan lapisan dinding rahim tidak mampu menampung sel telur yang sudah dibuahi. Kehamilan kimia juga dapat terjadi akibat masalah kromosom pada janin. Sel telur yang buruk, kualitas sperma yang buruk serta pembelahan sel yang tidak normal.

Tentu sulit bagi Mama yang mengalami kehamilan kimia ini. Lalu, apa yang bisa Mama lakukan untuk mencegahnya? Persiapan tidak hanya dilakukan saat Mama sudah hamil. Sebaiknya, Mama memersiapkan beberapa hal sebelum masa kehamilan seperti pola makan sehat, olahraga hingga menghindari aneka kebiasaan buruk. Hal ini akan mencegah Mama mengalami masalah kehamilan kimia ini. Meskipun Mama perlu memahami pula bahwa kehamilan kimia lebih banyak disebabkan oleh masalah genetik.Baca juga: Keguguran, haruskah dikuret?

Selain memahami penyebab kehamilan kimia, Mama juga perlu mengetahui cara cepat untuk kembali pulih dari kondisi tersebut. Keguguran yang terlalu dini memang tidak menimbulkan efek kepada fisik. Setelah mengalami pendarahan ringan, biasanya Mama akan mengalami kram dan pendarahan ringan.  Namun, ada baiknya Mama mencari dukungan agar bisa kembali semangat untuk berusaha hamil kembali.(Niken/New Kids Center)