Virus Zika Masuk Indonesia, Ini Pesan Menteri Kesehatan

By Dini Felicitas, Kamis, 1 September 2016 | 01:50 WIB
Virus Zika Masuk Indonesia, Ini Pesan Menteri Kesehatan (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Ramai diberitakan dua hari belakangan, bahwa virus Zika sudah masuk Indonesia. Menurut Kementerian Kesehatan, virus tersebut menjangkiti seorang warga Suku Anak Dalam, Jambi, beberapa waktu lalu. Selain itu, Kemenkes juga menemukan beberapa orang wisatawan asing juga terkena virus Zika beberapa saat setelah selesai berlibur di Indonesia.

Tentu, pemerintah Indonesia tidak tinggal diam terhadap merebaknya virus Zika. Kementerian Kesehatan mengimbau siapapun yang sedang menderita demam dan masuk ke wilayah teritorial Indonesia untuk melapor kepada petugas setempat.

 

"Orang yang demam melapor kepada petugas kita, di bandara dan pelabuhan," ujar Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (30/8/2016) lalu.

Oleh petugas, warga yang menderita demam nantinya akan dibawa ke ruang kesehatan untuk diambil sampel darah. Setelah itu, penderita demam tersebut akan diberi kartu kewaspadaan. Kartu itu sebagai penanda bahwa warga tersebut tengah dicek kondisi kesehatannya. Jika petugas kesehatan memastikan warga itu terjangkit virus Zika, maka ia akan didatangi dan dimasukkan ke fasilitas kesehatan.

Nila kembali berpesan agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak ada lagi tempat untuk nyamuk bersarang. Jangan sampai ada jentik nyamuk bersarang lama di lingkungan tempat tinggal.

"Makanya saya pesan, kita tentu tidak ingin ada wabah penyakit itu. Yang harus kita tingkatkan adalah kebersihan lingkungan, jangan sampai ada jentik nyamuk di lingkungan rumah," ujar Nila.

Nila juga menganjurkan agar ibu hamil tak mengunjungi Singapura dalam waktu dekat menyusul bertambahnya korban terjangkit virus Zika di negara tersebut. Virus Zika dianggap berbahaya bagi janin.

 

"Yang ditakuti dari virus Zika ini adalah kemungkinan korelasinya, kalau ibu hamil anaknya terjadi mikrosefali. Barangkali ibu hamil untuk mempertimbangkan hal tersebut (berkunjung ke Singapura)," kata Nila saat berada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, esoknya, Rabu (31/8/2016).

Nah, Mam, karena virus Zika sudah masuk Indonesia, segera tingkatkan kebersihan lingkungan ya.

(Fabian Januarius Kuwado/Nabilla Tashandra)