Ini yang Akan Terjadi Bila Mama Menyikat Gigi Sekali Sehari

By Ipoel , Selasa, 30 Agustus 2016 | 00:29 WIB
Ini yang Akan Terjadi Bila Mama Menyikat Gigi Sekali Sehari (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com- Kesibukan kadang membuat mama abai dalam melakukan perawatan gigi, termasuk menggosok gigi. Biasanya, Mama hanya menggosok gigi sekali sehari, usai bangun tidur atau sebelum berangkat kerja. Pertanyaannya, apa yang akan terjadi bila mama menyikat gigi sekali sehari? Inilah yang mungkin akan terjadi.

1. Sakit Gusi Tanda yang dapat dikenali adalah gusi berdarah saat Mama menyikat gigi, kata Keith Arbeitman, DDS, dari Arbeitman & Shein Dentistry di Manhattan. Mengabaikan keharusan menyikat gigi yang kedua, berarti menumpuk sisa makan pagi, siang, malam dan camilan di sekitar gigi dan gusi Anda.

"Jika Mama makan makanan manis, berarti Mama memberi hadiah yang disukai oleh bakteri di gigi Anda," kata Arbeitman. Lalu, Anda membiarkan bakteri itu sepanjang malam tinggal di dalam mulut."

Jika hal ini sering terjadi, Mama akan kehilangan gigi dan mungkin harus mempertimbangkan implan.

Baca juga:  Jangan gosok gigi setelah makan bila tak mau keropos. Ini penjelasan dokter gigi

2. Gusi Rusak Selama Mama tetap berpegang pada jadwal menyikat gigi sekali sehari, hanya ada peluang tipis Anda akan berakhir dengan penyakit gusi sepenuhnya, jelas Arbeitman. Penumpukan plak yang menyebabkan penyakit gusi membutuhkan waktu setidaknya 24 jam untuk berkembang. Jadi, jika Anda menyikat sekali sehari, Anda akan mengganggu bakteri sebelum mereka mendapat kesempatan untuk membuat kekacauan di gusi Anda.

Namun, gigi menjadi rapuh adalah sesuatu yang pasti terjadi, terutama jika Mama hanya menyikat gigi di pagi hari. Jika ada satu lubang pada salah satu gigi, Anda bisa meminta dokter menambalnya. Tapi tambalan tidak bertahan selamanya. Mereka akhirnya harus ditambal ulang dan setiap kali itu terjadi, dokter terpaksa harus mengebor lebih dalam dan akhirnya mungkin pada satu titik, Anda tetap akan kehilangan gigi.

Baca juga: 7 Cara Ajari Anak Gosok Gigi

3. Napas Bau  Napas Anda akan benar-benar bau. Bahkan, jika Mama mencoba untuk menutupinya dengan permen karet.

Tidak menyikat gigi memungkinkan bakteri berkembang dengan baik di dalam mulut Anda, akhirnya mengarah ke penumpukan plak. Plak inilah, ditambah dengan radang, yang akan menimbulkan bau mulut tak sedap. Menyikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam, berarti mengakhiri siksaan orang-orang di sekeliling Anda yang mungkin tak sengaja mencium bau mulut Anda yang tak sedap.

Baca juga: Jangan taruh sikat gigi di dalam toilet. Ini risikonya