Daftar Makanan yang Dapat Merusak Kualitas Sperma

By Gisela Niken, Selasa, 16 Agustus 2016 | 03:20 WIB
Daftar Makanan yang Dapat Merusak Kualitas Sperma (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kualitas sperma yang baik akan membantu Mama untuk cepat hamil. Salah satu faktor yang dapat merusak kualitas sperma adalah makanan. Makanan juga erat hubungannya dengan gaya hidup. Untuk itu, Mama dan Papa perlu menghindari makanan yang merusak kualitas sperman berikut ini.Baca juga: Sperma berkualitas baik, ini tipnya!

1.Produk berbasis kedelaiMenurut beberapa ahli, Papa perlu mengatur jumlah konsumsi kedelai serta berbagai olahan kedelai. Kandungan dalam kedelai yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan seksual pada pria. Kedelai dapat menganggu hormon pria yakni testosteron, jumlah sperma serta penurunan libido. Papa boleh saja mengonsumsi aneka olahan kedelai. Namun perlu diperhatikan porsinya.

2.Makanan yang digorengLemak akan muncul pada makanan yang diolah dengan cara digoreng. Tahukah Mama bahwa makanan yang digoreng dapat menganggu hormon? Makanan goreng akan membuat lemak terhidrogenasi dan menurunkan kadar testosteron. Hal ini akan menyebabkan sperma yang berkualitas rendah serta produksi sperma yang tidak normal.Baca juga: Jumlah sperma yang dibutuhkan agar bisa hamil

3.KopiTidak hanya Papa, Mama juga perlu membatasi jumlah kafein masuk ke dalam tubuh. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Epdemiology mengungkapkan asupan kafein berlebihan dapat menyebabkan penurunan jumlah sperma. Kafein juga tidak hanya berasal dari kopi. Teh dan soda pun mengandung kafein.

4.Daging olahanSosis dan nugget jadi makanan yang perlu Papa hindari. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition orang yang suka mengonsumsi daging olahan tidak akan memiliki sperma yang sehat seperti pria yang mengonsumsi makanan alami. Aneka bahan kimia yang digunakan untuk mengolah daging dapat berpengaruh.Baca juga: 5 makanan penyubur sperma

5.AlkoholMakanan yang merusak sperma ini tentu harus dihindari saat mencoba hamil. Selain kualitas, alkohol juga dapat mengurangi jumlah sperma yang diproduksi. Alkohol dapat menyebabkan stres oksidatif. Kemunculan ini dapat menyebabkan masalah ketidak suburan. 

(Niken/The Health Site)