Mengapa Rambut Keriting Butuh Perawatan Ekstra?

By Dini Felicitas, Kamis, 11 Agustus 2016 | 01:30 WIB
Mengapa Rambut Keriting Butuh Perawatan Ekstra? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Tren kecantikan selalu berputar. Tahun ini, tren rambut keriting hadir lagi. Momen ini tentu menjadi kesempatan bagus bagi Mama yang ingin mengeriting rambut. Mulai deh, buka-buka lagi foto artis-artis berambut ikal atau keriting yang ingin Mama tiru rambutnya.

Tetapi, jika sudah memutuskan untuk mengeriting rambut, perlu Mama ingat bahwa rambut keriting butuh perawatan yang lebih cermat ketimbang rambut lurus lho, Mam. Entah itu masih dalam kategori bergelombang, ikal, atau keriting.

“Anatomi rambut bertekstur ikal memiliki bentuk yang jauh lebih rumit dibandingkan dengan rambut bertekstur lurus. Butuh perawatan yang tepat agar rambut tetap lentur serta terhindar dari frizzy, kering, dan kusut,” papar pakar dermatologi Dr. Eddy Karta, SpKK, saat bincang-bincang bersama Kerastase Discipline Curl di La Madamme, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan sifat alami rambut keriting yang membuat lebih rentan rusak dan sensitif. Antara lain, akar rambutnya yang berbentuk lengkung, susunan sel di korteks yang tumpah tindih, lengkung rambut membuat sebum sulit melembabkan sampai ujung rambut dan berakibat rambut poros karena tidak ada minyak, dan rentan frizzy saat dalam kondisi basah. Selain itu, kutikula tidak beraturan di titik lengkung sehingga rambut mudah rusak dan pecah-pecah.

Rambut keriting rentan mengalami kerusakan pada batang rambut karena kutikulanya yang tersusun seperti sisik ikan. Hasilnya, rambut keriting lebih mudah terkena kotoran, kotoran mudah tersangkut di suatu tempat, namun rambut jadi patah ketika disisir. Pada mereka yang berambut lurus, rambut biasanya akan rontok ketika disisir.

Oleh sebab itu, Mama perlu memilih produk perawatan rambut yang sesuai untuk rambut keriting. "Sampo yang mengandung sulfat biasanya banyak busanya, dan membuat rambut lurus jadi bersih dan keset. Tapi buat rambut keriting, jadinya megar," ujar Eddy. Untuk mulai merawat rambut keriting, Mama bisa mencoba rangkaian produk Discipline Curl yang terdiri atas Cleansing Conditioner Curl Idéal (sampo dan conditioner), Masque Curl Idéal (masker rambut), Oléo Curl (créme), dan Mousse Curl Idéal (untuk penataan rambut).

"Dengan perawatan yang tepat, diharapkan rambutnya keriting tapi bouncy, enggak kaku, dan bervolume. Effortless saat merawatnya, tapi tetap bisa diatur. Curly tapi tidak terlihat, jadi kesannya natural," tambah Ivonne Vania, Group Product Manager  Kérastase Indonesia.

Orang Indonesia mayoritas berambut lurus, sehingga rambut keriting masih dianggap aneh. Oleh karena itu, perlu edukasi bahwa rambut keriting harus di-embrace dengan perawatan yang tepat. "Karena keriting itu sebenarnya berkarakter, jadi jangan malah dihilangkan," pungkas Eddy.