Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setelah Keguguran

By Gisela Niken, Senin, 29 Agustus 2016 | 23:05 WIB
Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi Setelah Keguguran (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Memulihkan tubuh setelah keguguran bisa dilakukan dengan menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh. Keguguran membuat tubuh kehilangan banyak nutrisi serta darah sehingga kesehatan Mama juga berisiko dalam hal ini. Makanan setelah keguguran yang sehat akan membantu mempercepat tubuh kembali pulih dan siap untuk hamil kembali.Baca juga: 7 penyebab keguguran yang sering terjadi 

Makanan yang mengandung zat besi sangat penting untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Daging merah menjadi makanan yang mengandung zat besi yang tinggi. Mama jangan lupa memasak daging dengan sempurna agar kandungan zat besi dapat membantu memulihkan tubuh. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Susu menjadi nutrisi yang penting bagi ibu yang baru saja keguguran. Saat hamil, Mama menyerap kalsium cukup tinggi sehingga ketika keguguran artinya membuang kandungan kalsium dalam tubuh. Minum dua gelas susus setelah keguguran sangat baik untuk memulihkan tubuh agar tulang tetap kuat. Kalsium juga didapatkan dari ikan salmon, sayuran hijau serta kedelai.Baca juga: Nanas bisa memicu keguguran, serius? 

Mama juga perlu memilih makanan yang dapat memberikan energi. Daging menjadi makanan penting agar Mama tetap berenergi. Telur juga menjadi sumber energi yang baik. Kandungan protein dalam telur turut membantu mengembalikan kondisi tubuh. Tidak hanya soal tubuh, Mama juga perlu mengembalikan mood yang sempat menurun akibat kehilangan janin. Makan cokelat bisa membantu lo, Mam.Baca juga: Hamil lagi setelah keguguran? Ini caranya! 

Rempah-rempah juga dapat menjadi makanan setelah keguguran yang baik untuk dikonsumsi. Kunyit misalnya memiliki anti-inflamasi yang dapat meringankan rasa sakit dan pembengkakkan. Jahe juga sangat baik karena dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh serta dapat mencegah terjaidnya infeksi lanjutan.(Niken/Boldsky)