Ini Caranya Mengenali Tanda Akan Melahirkan yang Tepat

By Gisela Niken, Minggu, 28 Agustus 2016 | 22:40 WIB
Ini Caranya Mengenali Tanda Akan Melahirkan yang Tepat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menginjak trimester ketiga Mama mungkin merasa khawatir akan waktu melahirkan yang sudah dekat. Namun kadang Mama kurang memahami dan sulit membedakan mana tanda kelahiran yang asli dan tidak. Berikut cara mengenali tanda akan melahirkan yang tepat agar Mama tidak salah menduga tanda-tanda yang terjadi.Baca juga: Mama, ini lo tandanya jika mulas asli

Keluarnya cairan pada vagina mungkin bisa jadi tanda bahwa adanya pecah ketuban. Namun, air ketuban yang pecah biasanya ditandai dengan cairan kecoklatan dan tentu saja dengan debit yang cukup tinggi. Jadi, jangan panik jika cairan yang keluar hanya cairan yang biasa dan berjumlah sedikit-sedikit.

Kontraksi juga jadi gejala yang kerap terjadi saat mau melahirkan. Mama tak perlu khawatir dengan kontraksi yang terjadi tidak beraturan. Waktu kelahiran sudah dekat jika ditandai dengan kontraksi rutin misalnya setiap 30 menit sekali dan lama kelamaan menjadi lebih sering. Kontraksi yang tidak rutin cenderung bisa dipicu oleh hal lain seperti masalah pencernaan.Baca juga: Usia kehamilan 40 minggu belum ada tanda melahirkan, normalkah?

Selain kontraksi, Mama juga akan mengalami kram yang cukup parah. Untuk mengenali tanda melahirkan, Mama cukup merasakan kram yang terjadi. Jika ingin melahirkan rasa kram yang terjadi seperti ada sesuatu yang mendorong di bagian tulang bawah vagina. Artinya si kecil sudah masuk ke dalam tulang panggul. Jika merasakan ada yang mendorong, Mama bisa menyiapkan diri untuk proses melahirkan.Baca juga: 7 tanda waktu persalinan sudah dekat

Cobalah untuk rileks dan tenang agar dapat membedakan dan mengetahui mana rasa nyeri yang diakibatkan oleh waktu jelang melahirkan dan bukan. Banyak Mama yang cenderung terlalu panik menghadapi masa ini sehingga tidak memahami tanda akan melahirkan. Saat menunggu waktu melahirkan tiba, Mama juga perlu menjaga mood serta tetap berpikir positif. Salah satu kunci kelahiran lancar adalah menjaga perasaan tenang. (Niken/Parents)