Kapan Perut Mulai Membesar Saat Hamil?

By Gisela Niken, Rabu, 24 Agustus 2016 | 23:20 WIB
Kapan Perut Mulai Membesar Saat Hamil? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kira-kira kapan ya Mama akan mulai pakai baju hamil? Pertanyaan ini tentu berhubungan dengan pertanyaan kapan perut mulai membesar saat hamil. Perubahan bentuk perut sebenarnya tergantung pada bagaimana janin berkembang. Pada 2 bulan pertama memang pada umumnya tak ada orang yang mengetahui bahwa Mama sedang hamil.Baca juga: Ini yang bikin ibu hamil perutnya kecil

Perut biasanya akan mulai membesar ketika menginjak usia kehamilan 12 minggu. Pada masa ini, bagian atas rahim telah tumbuh dan keluar dari rongga panggul. Mama bisa merasakan pertumbuhannya persis di atas tulang kemaluan. Perubahan inilah yang turut menyebabkan benjolan pada perut. Artinya, perut Mama akan mulai terlihat membesar dan saatnya memilih pakaian hamil.Baca juga: Perut kencang saat hamil, bahayakah?

Lalu, berapa besar ya perut ibu hamil? Besarnya perut juga ternyata dipengaruhi oleh tinggi badan Mama lo. Mama yang tinggi cenderung memiliki perut sedikit menurun karena otot perut agak sedikit longgar. Sementara Mama yang berpostur pendek, perut akan melebar ke samping. Otot perut Mama sangat memengaruhi bagaimana perut ibu hamil tumbuh.

Bagaimana perut ibu hamil yang terlalu besar atau kecil? Jika merasa tidak normal ada baiknya Mama memeriksakan diri ke dokter. Perut yang terlalu besar bisa saja disebabkan oleh air ketuban yang berlebihan. Ketuban berlebihan dapat memicu aneka risiko kehamilan seperti kelahiran prematur. Jika perut terlihat kecil, bisa saja Mama baru pertama kali hamil.Baca juga: Ukuran perut saat hamil bukan indikasi kesehatan janin 

Jadi, Mama tak perlu khawatir jika perut masih kecil meski sudah waktunya perut mulai membesar saat hamil. Posisi dan ukuran janin bisa saja menyebabkan perut ibu hamil tidak membesar. Besarnya perut ibu hamil bukanlah faktor penentu kesehatan ibu hamil, jadi jangan khawatir jika perut terlihat kecil atau berbeda dengan ibu hamil yang lain.(Niken/The Bump)