Posisi "Doggy Style" Aman untuk Seks di Trimester Ketiga

By Dini, Jumat, 12 Agustus 2016 | 05:45 WIB
Posisi ()

Tabloid-Nakita.com - Seks selama kehamilan memang membutuhkan perhatian khusus, karena perut yang membesar pasti menimbulkan rasa tak nyaman. Namun jika dokter sudah menyatakan aman untuk berhubungan seks selama kehamilan, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Dalam kehamilan normal, tidak ada alasan untuk absen dari hubungan seks selama Anda menginginkannya, dan selama nyaman dilakukan," kata Lauren Streicher, MD, dokter kandungan dari Chicago yang juga penulis Love Sex Again.

Tetap nyaman mungkin menjadi hal yang sulit pada trimester pertama ketika Mama masih sering mual-muntah. Begitu pula di trimester ketiga, ketika Mama merasa mudah lelah. Kuncinya adalah menemukan posisi seks yang nyaman untuk kehamilan di setiap tahapnya.

Khusus di trimester ketiga, posisi yang ideal adalah yang tidak memberi tekanan pada perut, dan memungkinkan Mama mengatur kedalaman penetrasi. Beberapa posisi seks yang nyaman untuk kehamilan trimester ketiga adalah:

Posisi
* Spooning, side entry, atau posisi menyamping di mana Papa berbaring di belakang Mama. Posisi ini tidak memberatkan perut dan tidak membutuhkan penetrasi yang dalam.

* Woman on top, atau Mama di atas, yang memungkinkan Mama benar-benar dapat mengontrol kedalaman penetrasi, juga ayunan tubuh Mama.

* Doggy style, atau rear entry, di mana Mama membungkuk sambil bertumpu pada tangan dan lutut di atas tempat tidur atau sofa, dan Papa masuk dari belakang. Mama juga bisa duduk di atas pangkuan Papa sambil membelakangi dirinya, atau berdiri sambil bertumpu pada tangan di dinding.

* Duduk di tepi tempat tidur atau kursi (atau di mana pun yang Mama rasa nyaman), sementara Papa menghadap Mama sambil berlutut atau berdiri (sesuaikan tinggi yang pas dengan posisi Mama).

Meskipun pada dasarnya tidak ada posisi seks yang perlu dihindari selama trimester ketiga kehamilan, ada beberapa posisi seks yang sebaiknya tidak dilakukan. Pertama, sebagian ibu hamil mungkin merasa tidak nyaman dengan penetrasi yang sangat dalam. Seks anal, walaupun secara posisi tidak membahayakan, perlu dihindari karena ada risiko infeksi.

Selain itu, menerima seks oral dari Papa juga tidak masalah asalkan Papa tidak meniup atau menghembuskan udara ke dalam vagina. Dalam kasus yang sangat jarang, hal ini bisa menimbulkan embolisme (ketika udara menyumbat pembuluh darah).

Nah, tak perlu khawatir lagi ya, Mam, ternyata cukup banyak posisi seks yang nyaman untuk kehamilan trimester ketiga?

(Dini/Parents)