Pola Makan Tepat untuk Ibu Hamil Agar Kehamilan Sehat

By Gisela Niken, Kamis, 4 Agustus 2016 | 02:30 WIB
Pola Makan Tepat untuk Ibu Hamil Agar Kehamilan Sehat (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil Mama perlu nutrisi yang baik agar kehamilan sehat. Untuk mencapai kondisi kehamilan sehat, Mama perlu menerapkan pola makan untuk ibu hamil yang tepat. Ada beberapa kunci yang perlu Mama perhatikan agar Mama bisa mengonsumsi makanan yang tepat dan baik.Baca juga: 5 kesalahan makan yang sering dilakukan ibu hamil

1.Banyak konsumsi 5 vitamin pentingFolat, kalsium, zinc, sat besi dan serat jadi 5 vitamin penting kala hamil. Vitamin ini memiliki berbagai fungsi lo salah satunya adalah mencegah terjadinya cacat janin. Mama bisa mendapatkan aneka vitamin ini dari kacang-kacangan, buah jeruh, sayuran hijau, unggas, dan ikan. Mengonsumsi susu juga sangat penting untuk kehamilan Mama agar Mama lebih berenergi. Sementara untuk serat dapat mencegah Mama mengalami sembelit kala hamil.

2.Makan dengan menu bervariasiMama perlu mengonsumsi aneka jenis makanan sebab nutrisi dapat terpenuhi dari bebragai jenis makanan. Cobalah mengonsumsi aneka makanan seperti buah dan sayuran. Jangan berpaku pada makanan yang Mama senangi. Mungkin pada trimester pertama kondisi ini disebabkan Mama yang mengalami morning sickness. Namun, menginjak trimester kedua ada baiknya Mama mengonsumsi sayuran dan buah yang beragam.Baca juga: 6 masalah makan ibu hamil

3.Mengurangi konsumsi sayur dan buah yang terpapar pestisidaTahukah Mama bahwa pestisida dalam meningkatkan risiko kelahiran prematur dan cacat lahir. Bahan nitrat dan pestisida dapat bereaksi dengan lingkungan hormonal kehamilan. Untuk itu, ada baiknya Mama memilih buah dan sayur yang organik untuk mengurangi paparan pestisida dalam sayur dan buah.

4.Jangan lupa mengonsumsi asam lemak omega-3Omega-3 dapat meningkatkan otak janin dan perkembangan saraf sebelum kelahiran. Selain itu, anak akan memiliki memori dan pemahaman bahasa lebih baik pada usia dini. Omega-3 juga dapat mengurangi risiko postpartum lo. Ikan berlemak jadi sumber omega-3 yang baik untuk kehamilan Mama.Baca juga: Makanan yang dimakan saat hamil akan jadi makanan kesukaan anak, benarkah?

5. Pilih makanan padat nutrisiSaat Mama hamil, bukan berarti Mama harus memakan porsi yang lebih banyak. Mama hanya perlu memilih makanan yang padat nutrisi. Jangan memilih makanan yang kurang bernutrisi seperti gorengan, mengandung terlalu banyak karbohidrat dan banyak zat kimia. Pola makan untuk ibu hamil perlu diisi dengan makanan padat gizi seperti tinggi protein, kalsium dan zat besi.(Niken/Fit Pregnancy)