Kenali Gejala Alergi Susu Sapi pada Bayi

By Dini, Rabu, 31 Agustus 2016 | 02:00 WIB
Kenali Gejala Alergi Susu Sapi pada Bayi (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Mama, susu sapi adalah sumber protein yang umum diberikan kepada sebagian besar anak Indonesia. Walaupun bergizi, susu sapi bisa menimbulkan reaksi alergi pada anak yang mempunyai bakat alergi.Alergi susu sapi adalah gejala penyakit yang disebabkan reaksi imunologis akibat pemberian susu sapi dan semua bentuk turunannya. Reaksi ini bisa cepat terjadi atau menunggu beberapa waktu. Gejala alergi susu sapi ini biasanya mulai terlihat dalam usia 6 bulan pertama setelah lahir, dan biasanya muncul di organ tubuh tertentu.Lalu, apa saja gejala alergi susu sapi pada anak?Gejala pada kulitGejala ini merupakan gejala dermatitis atopik yang sering muncul pada anak yang alergi. Pada kulit dapat berbentuk:* Bentol merah gatal* Bentol merah berisi cairan* Keropeng* Kulit kering dan gatal

Gejala pada saluran cernaGejala alergi susu sapi pada saluran cerna sering dialami oleh si kecil pada usia kurang dari 1 tahun.

* Muntah* Kolik* Diare* BAB disertai tinja berdarahGejala pada saluran napasGejala pada saluran napas yang disebabkan alergi susu sapi relatif jarang terjadi dibandingkan dengan gejala pada kulit dan saluran cerna. Biasanya terjadi pada anak di atas usia 1 tahun. Ini tanda-tanda alergi susu sapi pada saluran napas:

* Bersin-bersin disertai gatal di hidung* Hidung tersumbat* Ingus encer* Batuk berulang* Gejala asma (sesak napas dan napas berbunyi)Nah, itulah gejala alergi susu sapi pada bayi yang kerap terjadi. Perhatikan tanda-tandanya ya, Mam, supaya bisa segera dilakukan penanganan yang tepat.

Kenali Gejala Alergi Susu Sapi pada Bayi
Referensi:Munasir Z, Siregar SP, Alergi Susu Sapi, Buku Ajar Alergi-Imunologi Anak Edisi Kedua, Cetakan Kedua, 2008, 284-293.Disarikan dari materi "Alergi pada Anak", Dr. dr. Zakiudin Munazir, SpA(K).