Ini Tahapan Makan Bayi Sesuai Usia

By Gisela Niken, Kamis, 18 Agustus 2016 | 06:05 WIB
Ini Tahapan Makan Bayi Sesuai Usia (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Kapan bayi sudah bisa mengenal makanan padat? Makanan seperti apa yang perlu dikenalkan pada bayi? Hal ini mungkin membingungkan Mama dan mungkin ada ketakutan dalam diri Mama untuk memberikan makanan. Mama tak perlu khawatir sebab si kecil akan aman jika mengikuti perkembangan makanan bayi sesuai dengan usianya berikut ini.Baca juga: Seberapa banyak bayi butuh makan?

0 – 4 bulanPada bulan ini, si kecil harus fokus pada mendapatkan ASI atau susu formula atau kombinasi keduanya. Sebab pada usia ini bayi masih belaar menelan, menghisap dan memproses sesuatu yang masuk ke dalam tubuhnya. Pada usia ini secara naluri, si kecil masih sering mendorong makanan keluar dengan lidahnya. Mama perlu memastikan ASI yang didapatkan cukup dengan memantau berat badannya.

4 – 6 bulanMakanan padat biasanya diberikan pada usia 6 bulan. ASI atau susu formula masih tetap dibutuhkan. Sehingga jangan fokus pada makanan padat saja. Biasanya anak yang sudah siap mendapatkan makanan padat adalah yang sudah mampu berdiri dengan tegak. Selain itu, ia cenderung sudah mampu menggenggam makanan dan memasukkannya ke dalam mulut.Baca juga: Kiat mengatur jadwal makan bayi yang tepat

6 – 8 bulanMakanan padat mungkin akan lebih banyak ragam yang ditawarkan. Namun, pada usia ini ada baiknya Mama hanya memberi makanan padat dengan porsi kecil. Ingat, si kecil masih membutuhkan ASI atau susu formula sampai menginjak usia 1 hingga 2 tahun. Coba melatih si kecil makan sendiri dengan mengenalkan peralatan makan. Di usia ini, bayi juga bisa belajar menggunakan cangkir.

8 – 10 bulanSebelum mengenalkan anak untuk makan sendiri, Mama bisa memulainya dengan memberinya makanan genggam. Potongan kecil makanan akan membantu si kecil memasukkan sendiri makanan yang ia pegang. Di usia ini pula ia sudah mulai mengunyah dengan sempurna.Baca juga: Porsi makan bayi yang tepat sesuai usia 

10 – 12 bulanPerkembangan makan bayi di usia ini sampai kepada tahap si kecil bia makan sendiri. Ia akan menggunakan bibirnya untuk mengambil makanan dengan sendok. Ia juga akan memberi tanda dan memilih makanan yang ia mau. (Niken/Baby Center)