Kapan Bayi Bisa Mengangkat Kepalanya?

By Gisela Niken, Kamis, 18 Agustus 2016 | 03:45 WIB
Kapan Bayi Bisa Mengangkat Kepalanya? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu kemampuan yang perlu diperhatikan pada bayi adalah kemampuan mengangkat kepala. Pada umumnya bayi usia 1 bulan sudah membuat gerakan untuk mengangkat kepala. Lama kelamaan bayi akan belajar mengembangkan ototnya ketika dalam posisi tengkurap. Bayi bisa mengangkat kepalanya juga merupakan salah satu caranya untuk mengembangkan otot sekujur tubuh.Baca juga: Bayi selalu tidur miring kepala jadi peyang?

Mama bisa membantu bayi agar bisa mengangkat kepalanya lo. Tentu saja disesuaikan dengan usia dengan tumbuh kembangnya. Misalnya apda bayi baru lahir, Mama tak perlu memaksa anak untuk mengangkat kepalanya. Mama bisa memulai dengan bermain bersama bayi agar ia terstimulus bangun dengan kepala. Bermain dan ngobrol bersama bayi juga akan meningkatkan ikatan batin dengan si kecil.Baca juga: Manfaat mencukur rambut bayi

Setelah itu bayi akan menginjak usia 1 hingga 2 bulan. Biasanya bayi bisa mengubah posisi kepala ke kanan dan kiri saat posisi tengkurap. Biasanya pada usia 6 hingga 8 minggu bayi baru mampu mengangkat kepala. Cobalah untuk menggendongnya di bahu agar membantu bayi mencoba menahan kepala mereka.

Gerakan kepala akan berkembang hingga bisa mengangkat kepala 45 derajat pada usia 3 hingga 4 bulan. Selain mengangkatnya, bayi sudah bisa menjaga kepala mereka. Pada usia ini bayi akan semakin memiliki otot leher yang kuat. Ia bisa digendong dengan gendongan depan atau belakang pada usia ini sebab sudah bisa mengangkat kepala dengan baik.Baca juga: Pertumbuhan rambut bayi yang normal terjadi

Bayi bisa mengangkat kepalanya dengan posisi tubuh tegak saat menginjak usia 6 bulan. Dalam posisi duduk, bayi sudah bisa duduk dengan sempurna sambil membungkukkan badan atau menurunkan kepala. Meski sudah bisa mengangkat kepala dengan sempurna, ada baiknya Mama tetap memberikan perhatian terhadap si kecil. Jika anak terlihat masih ragu mengangkat kepalanya, bantu dukungan kepalanya dari belakang.(Niken/New Kids Center)