Agar Bayi Tumbuh Gigi Bisa Tidur Nyenyak

By Gisela Niken, Rabu, 17 Agustus 2016 | 23:35 WIB
Agar Bayi Tumbuh Gigi Bisa Tidur Nyenyak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Bayi tumbuh gigi merupakan masa yang menyulitkan baginya. Rasa nyeri dan gangguan lainnya menyebabkan bayi akan merasa terganggu seperti saat sedang tidur. Nyeri saat gigi tumbuh ini memang normal terjadi, sehingga Mama tak perlu banyak khawatir. Mama hanya perlu membantu agar bayi tumbuh gigi bisa tidur nyenyak. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan.Baca juga: Kapan bayi mulai tumbuh gigi?

Cara sederhana yang bisa Mama lakukan adalah menjaga lingkungan sekitar tempat tidurnya lebih tenang. Meredupkan lampu, memutar televisi dengan volume rendah dan tidak berbicara keras akan membantu menenangkan bayi. Meski dalam kondisi nyeri, bayi akan mendapatkan kenyamanan untuk tidur.

Mama juga perlu menghindari makanan bertekstur keras yang akan meningkatkan rasa nyeri di malam hari. Buah-buahan seperti pisang dan bubur bayi akan membantu bayi untuk menenangkan rasa nyeri. Mama juga harus menghindari waktu menyusui dekat dengan waktu tidur. Menyusui sebelum tidur akan mengiritasi gusi dan membuat bayi tidak bisa tidur nyenyak.Baca juga: Tip mengatasi bayi rewel saat pertama kali tumbuh gigi

Saat tumbuh gigi bayi akan lebih banyak memproduksi air liur. Hal ini dapat menimbulkan ruam di sekitar mulut. Untuk mencegahnya, Mama perlu menjaga daerah mulut bayi tetap kering. Begitu pula dengan sistem pencernaannya. Air liur yang meningkat akan pula membuat bayi lebih banyak pup. Untuk itu, pastikan bayi mendapatkan popok ekstra di malam hari.Baca juga: Normalkah demam saat anak tumbuh gigi?

Kunci sukses lain agar bayi tumbuh gigi tidur nyenyak adalah tetap menjaga rutinitas malamnya. Jangan biarkan tumbuh gigi menganggu rutinitas tidur sebelumnya. Untuk menjaganya, Mama tetap harus melakukan kebiasaan sebelum tidur seperti mengganti pakaian.(Niken/New Kids Center)