Ingin Anak Cepat Berjalan? Lakukan ini Mam

By Ipoel , Rabu, 10 Agustus 2016 | 08:57 WIB
Ingin Anak Cepat Berjalan? Lakukan ini Mam (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Dua tahun pertama kehidupan si kecil ditandai dengan perkembangan motorik yang pesat. Tidak usah heran, penguasaan kemampuan ini menjadi daya tarik utama, bahkan menjadi kebanggaan orangtua. Hal ini juga berlaku bagi kemampuan berjalan anak.  Saat kita bertemu dengan kerabat yang mempunyai anak 1-2 tahun, kita akan segera bertanya, “Anaknya sudah bisa berjalan  belum?” Atau saat anak sudah bisa berjalan, kita segera pamer fotonya, lalu diupload lewat sosial media dengan dibubuhi pernyataan senang, “Anakku sudah bisa berjalan, lo.”

Normalnya, kemampuan berjalan akan dikuasai anak pada rentang 9-18 bulan. Artinya, paling cepat anak dapat menguasainya di usia 9 bulan dan paling lambat di usia 18 bulan. Pada rentang itu, setiap orangtua akan berlomba-lomba agar anak cepat berjalan. Bagaimana caranya? Ini dia resepnya.

Hal yang terpenting adalah membiarkan anak bereksplorasi agar dapat melatih kemampuan berjalannya. Biarkan ia merangkak, merambat, dan berdiri agar kemampuan otot kaki, pinggul, dan badannya terlatih. Usahakan untuk melepas anak dari gendongan sesering mungkin, sehingga ia semakin lincah bergerak dan kemampuan gerak, keseimbangan, dan koordinasinya semakin baik. Latih anak untuk menguasai kemampuan berjalannya dengan mengajaknya berjalan-jalan di pagi atau sore hari. Biarkan telapak kaki anak menyentuh dinginnya embun di rerumputan dan berbagai tekstur lain, sehingga ia semakin bersemangat untuk berjalan.

Selain berlatih, ada hal penting agar anak cepat berjalan, yaitu alat bantu. Saat ini di pasaran, banyak sekali alat  atau mainan yang dapat membantu si kecil cepat berjalan. Berikut di antaranya:

Ingin Anak Cepat Berjalan? Lakukan ini Mam

1.    Adek Mungil Moon WalkIni adalah alat bantu berjalan yang populer. Harganya murah meriah, tapi efektif untuk melatih kemampuan berjalan anak.

Kelebihan: 1.    Harga Terjangkau 2.    Dibuat dengan material kuat dan aman3.    Orangtua tidak perlu membungkuk saat mengajari anak berjalan (menitah)4.    Praktis dan mudah digunakan

Ingin Anak Cepat Berjalan? Lakukan ini Mam

2.    Bright Starts Sit To Strive Walker in PinkBentuknya lucu, modelnya juga bagus. Si kecil pasti senang mendorong-dorong mainan ini, yang akan dapat mengasah otot-otot kaki, pinggul, serta koordinasi fisik dan mata anak saat berjalan. Tersedia pilihan warna lain.

Kelebihan: 1.    Dibuat dengan material plastik bermutu tinggi 2.    Tidak hanya mengasah kemampuan berjalan, tapi juga kemampuan mengenal bunyi, warna, dan lainnya. 3.    Tidak membutuhkan pendampingan langsung orangtua saat belajar berjalan, orangtua hanya mengawasi dari jauh. 4.    Cocok untuk si upik yang sedang belajar berjalan.