Umur 2 Tahun Masih Makan Makanan yang Diblender

By Dini, Selasa, 9 Agustus 2016 | 04:00 WIB
Umur 2 Tahun Masih Makan Makanan yang Diblender (Dini)

Tabloid-Nakita.com - "Dokter Rifan, anak saya Alikha (2) makannya masih diblender sampai benar-benar halus. Saya sudah melatih agak kasar tapi selalu muntah. Dikasih kudapan berupa finger food juga tidak bisa. Apakah ada kelainan pada kemampuan anak mengunyah dan menelan? Apakah perlu terapi khusus? Sampai kapan keadaan ini perlu diwaspadai? Mohon pencerahan Dokter Rifan. Terima kasih." (Ririn Handoko - Semarang)

Masalah makan pada anak memang kerap terjadi, seperti sulit/belum mampu menelan jenis makanan dengan tekstur yang lebih kasar meskipun sudah berusia lebih dari 1 tahun. Penyebabnya dapat bermacam-macam, namun bila tumbuh kembangnya dalam batas normal, biasanya hal ini disebabkan karena refleks menelannya saja yang masih belum matang.

Seiring dengan bertambah usianya  maka kemampuannya menelan akan bertambah baik. Namun bila terdapat keterlambatan perkembangan motoriknya, maka kemungkinan penyebab belum dapat menelan jenis makanan tersebut disebabkan oleh gangguan sistem persarafannya. Tentunya hal ini harus dicari penyebabnya sehingga mendapatkan tata laksana yang tepat.

Narasumber: Dr. Rifan Fauzie, SpA, RSAB Harapan Kita, Jakarta