5 Hal yang Perlu Diajarkan Sejak Dini agar Anak Cerdas

By Gisela Niken, Jumat, 2 September 2016 | 06:45 WIB
5 Hal yang Perlu Diajarkan Sejak Dini agar Anak Cerdas (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak yang cerdas bukan langsung datang dengan sendirinya. Perlu ada usaha yang Mama lakukan sejak ia kecil untuk membantu meningkatkan perkembangan otak anak. Tidak hanya soal akademik, ada beberapa hal yang bisa dan perlu Mama ajarkan kepada si kecil agar anak cerdas. Hal-hal ini juga sangat berguna untuk caranya bersosialisasi.Baca juga: Buat anak cerdas dengan meningkatkan imajinasi anak

1.Bicara dengan teknikNgobrol memang menjadi hal yang umum dilakukan. Namun, ajarkan kepada si kecil bagaiamana berkomunikasi dengan baik. Misalnya saat berbicara, ajarkan pada mereka bahwa orang lain juga membutuhkan umpan balik dan membutuhkan waktu untuk berbicara. Biarkan ia memahami etika mendengarkan orang berbicara. Dengan begitu, ia juga banyak mendengar dan tidak hanya berbicara saja.

2.Rajin membacaMembaca akan membantu otak si kecil lebih bekerja dan lebih mudah menyerap informasi dari sekitarnya. Rajin membaca sejak dini akan membuat anak lebih cerdas dan kelak akan belajar dengan lebih mudah. Si kecil juga akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik serta mengekspresikan segala sesuatu lebih mudah.Baca juga: Ingin anak cerdas? Konsumsi 10 makanan ini

3.Menghargai orang lainMemuji anak memang tidak salah asalkan tidak berlebihan. Memuji anak juga mengajarkan kepada anak untuk menghargai orang lain. Jangan biarkan si kecil menganggap bahwa mereka lebih tinggi dari orang lain. Hal ini akan membuat mereka malas belajar karena merasa sudah paling hebat. Saat ia salah, Mama juga perlu memberinya dorongan seperti “Wah, sedikit lagi selesai.” Si kecil akan terus terpacu untuk mencapai tujuannya.

4.Ingin tahuAnak usia pra sekolah pasti memiliki sikap keingintahuan yang cukup besar. Wajar jika mereka ingin mengetahui segala sesuatu yang ada di sekitar mereka. Mama tak usah merasa kesal dan terganggu dengan sikap ini. Justru, Mama perlu membantunya mencari tahu apa yang masih pertanyakan. Jangan ragu untuk membawanya ke tempat-tempat baru agar ia semakin ingin mencari tahu.Baca juga: Ternyata, olahraga bikin anak cerdas!

5.Belajar di mana sajaBelajar atau mendapatkan pengetahuan bukan hanya soal akademik atau proses belajar mengajar di sekolah. Misalnya saat berada di pasar, minta si kecil melihat warna dan jumlah. Hal ini akan membantu si kecil agar memahami konsep-konsep dasar pelajaran di sekolah. Jangan terpaku hal-hal yang formal untuk membantu agar anak cerdas.(Niken/New Kids Center)