Di Sekolah Penurut, Kok Di Rumah Tidak Mau Mendengarkan Mama?

By Gisela Niken, Selasa, 23 Agustus 2016 | 23:10 WIB
Di Sekolah Penurut, Kok Di Rumah Tidak Mau Mendengarkan Mama? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat di sekolah ia adalah anak yang baik dan mendengarkan semua apa yang di perintah guru. Namun, ketika sampai di rumah justru ia jadi anak yang tidak mau mendengar dan cenderung membangkang. Ternyata, kondisi ini umum dan mungkin terjadi pada si kecil lo, Mam. Apa ya yang perlu dilakukan untuk mengatasi anak yang tidak mau mendengarkan?Baca juga: Trik agar anak mau mendengarkan

Langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah kesabaran dan tetap positif. Perlu diingat bahwa di usia ini anak belum mampu mengontrol emosi dengan baik. Selain itu, mereka belum dapat berpikir mana yang baik dan tidak untuk dirinya termasuk tidak menyadari bahwa apa yang Mama larang merupakan hal yang berbahaya untuknya.

Saat Mama marah, anak cenderung menutup diri dan semakin menolak untuk mendengarkan. Untuk itu, Mama tetap harus menunjukkan perilaku positif seperti berbicara tidak dengan nada tinggi. Anak memang masih dalam masa belajar untuk mendengarkan. Lalu, apa yang harus Mama lakukan jika tidak dengan memarahi si kecil?Baca juga: Mengapa anak tak mau mendengarkan perintah Mama?

Mama haru menghentikan apa yang Mama lakukan ketika ingin berbicara pada si kecil. Cobalah untuk membuat kontak mata yang sejajar. Mama bisa sambil jongkok atau mengangkatnya ke tempat lebih tinggi. Kontak mata akan membuat komunikasi antara Mama dan si kecil lebih lancar.Setelah sudah membuat kontak mata, ajukan pertanyaan atau minta si kecil mengungkapkan apa yang kurang ia pahami. Misalnya saat waktunya makan tapi ia menolak. Mama perlu mengulangi beberapa kali alasan mengapa ia perlu makan. Mama perlu memberikan empati kepada si kecil.

Baca juga: Kiat praktis agar anak mau mendengar

Mengatasi anak yang tidak mau mendengarkan juga diperlukan keinginan Mama untuk mendengarkan si kecil. Banyak orangtua yang cenderung tidak memahami apa yang sebenarnya dirasakan si kecil. Bisa jadi solusi anak yang tidak mau mendengarkan adalah membantu menyelesaikan apa yang selama ini jadi masalahnya.(Niken/Everyday Family)