Kebiasaan Ini Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih

By Gisela Niken, Kamis, 18 Agustus 2016 | 05:30 WIB
Kebiasaan Ini Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Infeksi saluran kemih rentan terjadi jika Mama tidak menjaga kebersihan si kecil. Bakteri di sekitarnya dapat masuk ke dalam tubuh melalui alat kelamin. Untuk mencegah infeksi saluran kemih, Mama perlu melakukan kebiasaan sehat dan bersih kepada anak seperti beberapa kebiasaan berikut ini.Baca juga: Normalkah pipis anak?

Bakteri paling banyak datang dai toilet. Untuk itu, Mama perlu mengajarkan kebiasaan bersih ke toilet. Untuk anak perempuan, ajarkan untuk mengelap vagina dari depan ke belakang setelah selesai ke toilet. Selain itu, anak laki-laki juga perlu diajarkan mengelap area kelaminnya untuk mencegah bakteri masuk.Baca juga: Gejala infeksi saluran kemih yang perlu diwaspadai

Celana dalam juga dapat berpengaruh pada infeksi saluran kemih. Pilih pakaian dalam yang berbahan katun karena dapat menyerap kelembaban dan mencegah tumbuhnya bakteri. Salah satu cara untuk mencegah infeksi juga bisa dengan membiarkan anak tidur tanpa pakaian dalam.  Mama juga harus menghindari saabun dengan wangi yang terlalu menyengat. Hal ini akan memudahkan bakteri masuk ke saluran kemih.

Dehidrasi ternyata dapat menimbulkan infeksi saluran kemih lo. Produksi urin yang kurang akan membuat bakteri dapat bertumbuh lebih cepat. Hidrasi akan meningkatkan produksi urin untuk menyiram bakteri. Minumlah cairan yang rendah gula untuk menghindari pola makan tidak sehat. Aneka jus buah beri dapat Mama berikan karena memiliki senyawa yang mencegah bakteri terjebak di area saluran kemih.Baca juga: Aneka masalah pipis pada anak serta cara mengatasinya

Cara lain mencegah infeksi saluran kemih adalah mengajarkan si kecil mengenai dorongan ini buang air kecil dan besar. Hal ini akan membantu melancarkan sistem saluran kemih. Rajin membuang kotoran juga dapat membantu si kecil menghindari sembelit. Mulai dengan jadwal teratur juga akan membantunya. (Niken/New Kids Center)