Aneka Ketakutan yang Sering Dialami Anak Sebelum Masuk Sekolah

By Gisela Niken, Kamis, 11 Agustus 2016 | 23:47 WIB
Aneka Ketakutan yang Sering Dialami Anak Sebelum Masuk Sekolah (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebagian anak sangat bersemangat untuk masuk sekolah. Menyiapkan peralatan sekolah hingga aneka kegiatan di sekolah sangat membuat anak-anak bersemangat. Namun, bagi sebagian anak sekolah bisa jadi sebuah mimpi buruk. Sebelum mengatasi anak takut masuk sekolah¸Mama perlu memahami hal dan faktor apa yang memengaruhi anak takut datang ke sekolah.Baca juga: Di sekolah kok jadi pendiam? 

Ketakutan yang kerap terjadi adalah takut tidak disukai oleh guru. Mama bisa membantunya untuk berpikir positif dan melakukan hal-hal yang baik. Selama si kecil berperilaku baik, guru tentu memerhatikannya dan menyukainya. Minta ia untuk aktif di kelas seperti membantu guru saat kesulitan, memerhatikan di kelas serta mengucapkan kata terima kasih setelah pulang sekolah. Kebiasaan sederhana ini akan membantu si kecil memahami perilaku yang baik di sekolah.

Ketakutan lain adalah ketakutan ditindas dan dikucilkan oleh teman sekelas. Komunikasi adalah hal yang penting untuk mengatasi ini. Tanyakan padanya apa yang ia raakan saat di kelas. Adakah orang-orang yang dirasa tidak menyukainya? Jika merasa ketakutan itu terlalu menghantui, Mama bisa memerhatikan caranya bergaul dari jauh. Bisa jadi ketakutan hanya pikirannya semata.Baca juga: Usia 2 tahun, anak boleh sekolah?

Mama juga perlu membantu anak menemukan teman. Jika si kecil masih terlalu malu untuk mendapatkan teman, ajak ia dan temannya melakukan kegiatan bersama. Misalnya bermain ke rumah atau bermain setelah jam sekolah. Memiliki teman akan membuat anak lebih merasa aman dan nyaman saat di sekolah.

Ketakutan lain tentu saja mengenai pelajaran dan tugas yang diberikan di sekolah. Di saat usia pra sekolah, akademik dan prestasi bukan jadi tujuan utama. Di masa sekolah, si kecil harus memelajari hal-hal lain seperti cara bersosialisasi dan  bagaimana caranya menyelesaikan konflik. Jika merasa tugas terlalu berat, Mama bisa berkonsultasi dengan pihak sekolah dan guru. Jangan terlalu banyak memaksa anak belajar.Baca juga: Kiat atasi anak mogok sekolah

Untuk mengatasi anak takut masuk sekolah karena pelajaran, Mama harus membantunya untuk menyelesaikan tugas-tugas. Banyak membaca buku dan melakukan kegiatan edukatif akan membantu anak mengejar ketinggalan di sekolah. Kewaspadaan dan perhatian Mama sangat dibutuhkan untuk membantu anak senang dan menerima kondisi di sekolah.(Niken/Psychology Today)