8 Hal yang Harus Bisa Dilakukan Anak Usia 5 Tahun

By Gisela Niken, Rabu, 10 Agustus 2016 | 03:15 WIB
8 Hal yang Harus Bisa Dilakukan Anak Usia 5 Tahun (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Si kecil sudah siap masuk ke sekolah dasar? Tidak hanya soal kemampuan akademik saja, ada beberapa kemampuan yang bisa dilakukan anak usia 5 tahun. Kemampuan dasar ini juga akan membantu anak lebih mandiri. Selain itu, kemampuan ini juga dapat meningkatkan perkembangan motorik anak.Baca juga: Anak lebih mandiri jika sering dipeluk ayah

1.Bisa menggunakan alat makanAnak di usia ini sudah memiliki kordinasi mata, tangan dan mulut dengan baik. Sehingga mereka sudah mampu menggunakan garpu dan sendok. Alat makan juga mengajarkan si kecil mengenai sopan santun saat waktu makan.

2.Makan sendiri dan rapiMemang sulit bagi anak untuk tidak menumpahkan sesuatu saat makan. Namun, sejak usia 5 tahun ada baiknya Mama memintanya mengetahui aturan kesopanan saat makan. Cobalah untuk membiasakan tidak makan dengan menjatuhkan makanan dari piring mereka.

3.Pergi ke toilet sendiriBanyak ahli yang sepakat bahwa di usia 5 tahun anak sudah bisa harus menggunakan toilet sendiri. Tidak hanya mampu menggunakan toilet, si kecil juga harus membersihkan diri sendiri setelah dari toilet.Baca juga: 6 kiat melatih anak supaya mandiri

4.Mengelap kotoranSisa makanan di baju, lendir di hidung serta keringat  menjadi contoh kotoran yang kerap muncul di badan anak. Anak usia 5 tahun sebaiknya sudah mampu menyeka dan mengelap kotoran yang menempel. Ia sudah memahami mana yang kotor dan tidak untuknya.

5.Memilih pakaian dan memakainya sendiriDi usia 5 tahun biarkan si kecil menentukan apa yang ia mau termasuk soal pakaian. Berikan ia hak memilih pakaian. Dengan begitu, si kecil akan bersemangat untuk memakai pakaian yang ia pilih. Luangkan waktu 10 menit lebih awal untuk mengajarkannya bagaimana cara berpakaian yang benar.

6.Merapikan kancing dan resetlingSalah satu kemampuan yang sulit bagi anak adalah menggunakan kancing dan resetling. Kegiatan ini bisa dilakukan jika dilatih terus menerus. Dorong si kecil melakukannya dan jangan fokus pada kesalahannya saja tetapi bagaimana prosesnya untuk lebih mandiri.Baca juga: 3 penyebab anak kurang mandiri

7. Sikat gigi dan cuci mukaSelain mandi, ada hal yang perlu diterapkan kepada anak. Kebiasaan menggosok gigi dan mencuci muka perlu diterapkan sejak ini. Hal ini akan membiasakan anak melakukan kebiasaan bersih sebelum tidur.

8.Antri dan berbagiKemampuan yang bisa dilakukan anak usia 5 tahun ini akan membantunya dalam bersosialisasi. Mama perlu melatihnya sejak di rumah. Misalnya saat makan malam, ajak si kecil untuk makan malam bersama Mama dan Papa agar mengetahui kiat dan cara berbagi satu sama lain.(Niken/She Knows)