Seorang Bayi Hampir Meninggal Akibat Ibu Hanya Makan Semangka Setiap Hari

By Gisela Niken, Kamis, 11 Agustus 2016 | 02:30 WIB
Seorang Bayi Hampir Meninggal Akibat Ibu Hanya Makan Semangka Setiap Hari (Teen00000)

Tabloid-Nakita.com – Jangan main-main dengan menyusui ya, Mam. Banyak Mama yang ingin cepat menurunkan berat badan setelah melahirkan. Ada berbagai cara yang Mama tempuh untuk mendapatkan kembali berat badan ideal. Namun, jangan sampai Mama diet saat menyusui yang berlebihan. Seorang ibu di Sydney, Australia hampir membuat bayinya meninggal.Baca juga: Tunda diet demi ASI lancar?

Wanita yang berusia 33 tahun ini memiliki bayi yang menderita eczema sangat parah. Kondisi ini terjadi setelah sang ibu memutuskan untuk hanya mengonsumsi air saja padahal ia dalam kondisi menyusui. Air di sini bukan hanya air putih saja tetapi buah yang berair seperti semangka. Sang ibu baru saja memulai dietnya dengan hanya mengonsumsi semangka.Baca juga: Diet aman agar produksi ASI lancar

Bayi yang kini berusia 18 bulan, akhirnya dibawa ke rumah sakit setelah muntah terus menerus selama 4 hari. Menurut dokter, bayi tersebut mungkin akan meninggal jika tidak ditangani. Bayi tersebut mengalami dehidrasi berat dan sangat kurus. Saat datang ke rumah sakit beratnya hanya berkisar 6 kilogram saja.

Akibat perbuatannya, ibu ini pun mendapatkan 14 bulan penjara atas perbuatannya yang hampir merenggut nyawa anaknya sendiri. Melihat kasus di atas, Mama perlu waspada jika melakukan diet saat menyusui. Asupan gizi yang masuk ke tubuh Mama merupakan sumber utama produksi ASI. Kurangnya gizi Mama pasti berhubungan dengan kesehatan anak.Baca juga: Menurunkan berat badan saat menyusui

Saat menyusui idealnya Mama harus mendapatkan asupan kalori tambahan hingga 500 kalori per hari. Mama juga membutuhkan makanan dengan protein tinggi hingga aneka vitamin. Pola makan seimbang akan membantu Mama untuk tetap memproduksi ASI dengan baik dan bisa menjaga berat badan.(Niken/Pop Sugar)