Bayi Sering Memuntahkan ASI, Normalkah?

By Gisela Niken, Jumat, 5 Agustus 2016 | 06:10 WIB
Bayi Sering Memuntahkan ASI, Normalkah? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sehabis menyusui kok si kecil sering meludah atau memuntahkan ASI ya? Apakah kondisi ini menganggu nutrisi ASI yang masuk ke dalam tubuhnya? Adakah hal yang salah saat menyusui sehingga membuatnya memuntahkan ASI? Bagi bayi baru lahir, bayi memuntahkan ASI merupakan hal yang normal dan bukan sebuah masalah.Baca juga: Apakah ASI saya cukup?

Memuntahkan ASI dikenal sebagai refleks yang muncul dengan sendirinya. Hal ini disebabkan bayi belum memiliki sistem pencernaan yang baik. Biasanya kondisi ini akan berakhir menginjak usia 4 bulan. Ketika si kecil tidak mengalami sakit perut atau terlihat kesakitan, bayi tidak mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan yang berlebihan.

Mama perlu khawatir jika si kecil terlihat kesakitan pada bagian perut. Selain itu, terdapat aneka nyeri di seluruh bagian tubuh. Hal ini diikuti dengan penurunan berat badan serta tinggi badan yang tidak normal. Ada beberapa alasan atau penyebab mengapa bayi kerap memuntahkan ASI.Baca juga: Begini cara tepat memanaskan ASI perah

Biasanya bayi akan muntah jika terlalu banyak asupan ASI yang masuk. Seiring berjalannya waktu, ASI akan berubah menjadi lebih berisi dan bergizi. Kandungan lemak juga meningkat sehingga si kecil menjadi lebih kenyang dan sistem pencernaannya belum bisa menyesuaikan. Menyusui yang terlalu cepat juga dapat menyebabkan hal ini. Untuk mencegahnya, berikan jedak setiap 5 menit untuk membuatnya bersendawa.

Tidak bersendawa akan membuat si kecil mendapatkan banyak gas. Hal ini akan membuat perutnya sakit dan cenderung kenyang karena gas. Ketika mendapatkan ASI maka ia cenderung mengeluarkannya kembali. Mama juga perlu memerhatikan asupan makanan yang Mama konsumsi. Bisa jadi ia alergi terhadap hal itu.Baca juga: Fakta ASI: komposisi ASI berbeda dari hari ke hari

Jadi, bayi sering memuntahkan ASI bukanlah hal yang perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, Mama perlu memerhatikan kondisi kesehatan bayi. Mama juga perlu membantu bayi menyusui dengan benar agar ia tetap beradaptasi dan memiliki sistem pencernaan sempurna. Posisi menyusui yang nyaman juga penting lo, Mam.(Niken/New Kids Center)