Si Kecil Rewel Karena Tumbuh Gigi? Atasi dengan Cara Ini

By Gisela Niken, Kamis, 4 Agustus 2016 | 06:05 WIB
Si Kecil Rewel Karena Tumbuh Gigi? Atasi dengan Cara Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tumbuh gigi memang baik untuk tumbuh kembangnya. Namun, bagaimana jika tumbuh gigi yang membuat si kecil rewel. Tentu Mama akan bingung untuk mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi anak rewel karena tumbuh gigi. Cara tersebut mudah dilakukan dan menggunakan bahan alami lo.Baca juga: Agar gigi bayi cepat muncul

Mengunyah jadi salah satu cara mengatasi nyeri. Mengunyah akan mengurangi tekanan gigi dari dalam gusi. Berikan ia mainan dengan bahan karet yang dirancang khusus untuk bayi yang baru tumbuh gigi. Biarkan ia mengunyah untuk menghilangkan raa sakit. Nyeri juga dengan mudah hilang jika mainan dalam kondisi dingin.Baca juga: Fase pertumbuhan gigi bayi

Selain mainan, Mama bisa memberikan jari bersih atau sikat gigi lembut untuk memberikan tekanan agar ia lebih tenang. Mungkin di awalnya nampak menyakitkan, namun rasa nyaman yang ia dapatkan bisa membuatnya senang dengan cara seperti itu. Mama juga bisa memberikan sebotol air dingin. Namun, cara ini bisa diberikan jika si kecil sudah menginjak usia 6 bulan.

Mama juga bisa menyiapkan MPASI dengan suhu dingin. Yogurt atau buah-buahan bisa Mama berikan tentunya dengan suhu dingin. Pisang, apel serta buah-buahan lain yang membuatnya mengunyah dapat juga menghindari anak yang rewel karena tumbuh gigi. Namun, Mama juga harus memantaunya jangan sampai ia tersedak.Baca juga: Mengapa gigi bayiku belum tumbuh?

Salah satu kunci dalam mengatasi anak rewel karena tumbuh gigi adalah kesabaran. Mama perlu memahami apa yang ia inginkan. Jangan gunakan alkohol atau obat penghilang rasa sakit pada bayi. Pemakaian alkohol dapat menurunkan kadar oksigen dalam darah. Ada baiknya Mama lebih memberikan perawatan dari luar tubuh.(Niken/What To Expect)