Tip Memilih Daging

By Ipoel , Kamis, 20 Maret 2014 | 09:00 WIB
Tip Memilih Daging (Ipoel )

TabloidNakita.com - Memilih daging perlu dilakukan agar keamanan dan kesegaran makanan yang dikonsumsi dapat terjamin. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu warna, keempukan dan tekstur, rasa dan aroma termasuk bau atau rasa, retensi cairan, dan pH daging. Sedangkan untuk mengukur mutunya, dapat diketahui dari keempukannya yang dapat dibuktikan dengan sifatnya yang mudah dikunyah.

Khusus untuk daging ayam ada beberapa ciri yang harus diperhatikan, yaitu daging memiliki warna putih keabuan dan cerah. Warna kulit ayam biasanya putih kekuning-kuningan dan bersih. Jika disentuh daging terasa lembap dan tidak lengket. Serat daging ayam halus, mudah dikunyah dan digiling, mudah dicerna, serta memiliki rasa lembut. Aroma daging ayam tidak menyengat, tidak berbau amis, dan tidak busuk.

Sedangkan untuk daging sapi, ciri-ciri yang baik adalah berwarna merah terang atau cerah, mengilap, tidak pucat, dan tidak kotor. Secara fisik daging elastis, sedikit kaku, dan tidak lembek. Jika dipegang masih terasa basah dan tidak lengket di tangan, serta memiliki aroma daging sapi yang sangat khas (gurih).